Pimpinan Wilayah Aisyiyah Papua Barat Gelar Bimtek Delapan Standar Nasional PAUD

Bimtek tentang delapan standar pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pembinaan lembaga pendidikan 'Aisyiyah' serta pembentukan Igaba Wilayah/Albert

MANOKWARI,- Pimpinan Wilayah (PW) "Aisyiyah" Provinsi Papua Barat melalui Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) tentang delapan standar pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pembinaan lembaga pendidikan 'Aisyiyah' serta pembentukan Igaba Wilayah.

Kepala Seksi Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Denta Wiyanjana dalam sambutan mengatakan, lembaga Aisyiyah harus dimiliki oleh lingkungan sekitar, termasuk pendidikan Aisyiyah harus berada di dalam keluarga, bangsa dan negara.

Menurutnya, pendidikan Aisyiyah berada di bawah kepala satuan pendidikan, maka antara guru harus berkolaborasi dan mampu membantu kepala sekolah dan menjadi motivator dalam  mentransfer ilmu pendidikan demi pencapaian kesuksesan bersama.

"Jadi, delapan standar nasional pendidikan Aisyiyah merupakan pusat pendidikan yang bermutu dan bisa memberikan output bagi anak didik," ucap Denta.

Peserta Bimtek Aisyiyah hadir dari kabupaten/kota se-Papua Barat. Wakli Ketua DPW BKOW  Papua Barat Ibi Hj Ramni Nemto dalam sambutan menjelaskan, Aisyiyah merupakan lembaga pendidikan otonom di luar Muhammadiyah.

Kepala Pimpinan Wilayah (PW) Aisyiyah Provinsi Papua Barat, Suriyati mengatakan, bimtek ini dilaksanakan menggunakan dana hibah Provinsi Papua Barat, dimana bimtek pendidikan anak usia dini (PAUD) khusus Aisyiyah, merupakan salah satu pendidikan yang disesuaikan dengan usia pra sekolah.

Dikatakan Suriyati, PAUD Aisyiyah sangatlah penting bagi anak-anak usia dini untuk mengembangkan ajaran agama Islam, sehingga PAUD menjadi konsen Aisyiyah di tingkat pusat hingga ke daerah di seluruh Indonesia.

Untuk lembaga PAUD Asiyiyah di Papua Barat, kata Suriyati, telah tesebar di kabupaten, kota se-Provinsi Papua Barat sebanyak 44 PAUD.

"Jadi, ibu guru Aisyiyah PAUD yang merupakan peserta dari kabupaten, kota diminta manfaatkan waktu  yang ada saat ini untuk mengikuti bimtek ini hingga selesai dan apa yang didapat melalui kegiatan dapat mengaplikasi kepada pendidik usia PAUD," ucap Ketua DPW Aisyiyah Papua Barat. *