Presiden Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke

Presiden Joko Widodo didampingi ibu Iriana Jokowi saat meresmikan Monumen Kapsul waktu di Kabupaten Merauke/Istimewa

MERAUKE,-Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengawali kegiatan kunjungan kerja di Provinsi Papua dengan meresmikan Monumen kapsul waktu di Kabupaten Merauke, Jumat (16/11) pagi.

Peresmian monumen kapsul dihadiri sejumlah menteri, Kapolri, Panglima, Gubernur Papua dan juga masyarakat Merauke.

Dalam sambutannya, Jokowi kembali mengingatkan tujuh mimpi anak-anak bangsa Indonesia dari 34 provinsi yang ditulis dan disimpan dalam kapsul waktu tersebut. Ketujuh mimpi itu adalah Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia. Kedua, masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme kebudayaan religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.

Ketiga, Indonesia sebagai pusat pendidikan teknologi dan peradaban. Keempat, masyarakat dan aparatur Pemerintah kita yang bebas dari perilaku korupsi. Kelima, membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia. Keenam, Indonesia sebagai negara yang mandiri dan menjadi negara yang berpengaruh di Asia Pasifik dan Ketujuh, Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Jokowi mengatakan, untuk mewujudkan ketujuh mimpi tersebut maka diperlukan partisipasi dari semua elemen bangsa untuk memulai pekerjaan besar, kerja keras, dan kerja bersama.

"Saya yakin ketujuh mimpi anak-anak tersebut akan terwujud jika kita semua mau bekerja keras, bekerjasama, bersatu dan optimis untuk menjadi negara yang besar, negara yang bermartabat dan dihormati negara-negara lain di dunia,"ujarnya.

Jokowi menambahkan, munomen yang dibangun bukan pekerjaan satu generasi, bukan pekerjaan satu atau dua tahun, tapi pekerjaan semua generasi, sehingga harus di dukung.

" Tidak ada pekerjaan yang mudah, tidak ada pekerjaan yang hanya dilakukan oleh satu orang, tapi ini adalah kerja bersama kita untuk mewujudkan impian Indonesia di tahun 2085. Kita harus berani melompat, berani meraih kemajuan dan membuat Indonesia lebih maju, bukan mundur apalagi bubar," tegasnya.

Monumen Kapsul waktu yang diresmikan terletak di jantung kota Merauke. Menggabungkan unsur kearifan lokal dan modern. Mempunyai disain futuristik, dan bila dilihat dari udara tampak menyerupai logo pahlawan "The Avengers".

Monumen kapsul waktu dibangun di atas lahan 2,5 hektar, dengan lebar 17 meter, tinggi 8 meter, dan panjang 45 meter.

Monumen kapsul waktu digagas oleh Presiden Joko Widodo sejak tahun 2015. Kapsul waktu berisi tulisan-tulisan impian dan harapan seluruh rakyat Indonesia yang dibawa oleh Tim Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 dari Sabang sampai Merauke. 

Kapsul akan disimpan di Monumen Kapsul Waktu dan akan dibuka oleh generasi penerus bangsa pada tahun 2085 (70 tahun kemudian sejak 2015).*