Ruangan Dua Lantai di Kantor Gubernur Hangus Terlahap Si Jago Merah 

Api yang melahap gedung serba guna Sasana Krida di Kantor Gubernur Provinsi Papua/Djarwo

JAYAPURA,- Kebakaran melanda sebagian ruangan di area gedung kantor Gubernur Provinsi Papua, sekitar pukul 12.00 WIT, Minggu (11/10). Si jago merah melahap ruangan dua lantai Gedung serba guna  Sasana Krida.

Asap yang mengepul hitam pekat yang terlihat dari luar halaman kantor gubernur menyita perhatian warga yang melintas dan berada di lokasi tersebut.

Menurut keterangan salah satu anggota Satpol PP bernama Robby yang kebetulan sedang berdinas saat kejadian mengatakan, kebakaran berawal sekitar pukul 12.00 WIT dan api menjalar begitu cepat, hingga menghanguskan ruangan dua lantai gedung Sasana Krida.

"Awalnya itu saya kira ada yang bakar sampah, dan sempat saya bertanya ke siapa apa ada yang bakar sampah di belakang, dan setelah kita cek gudang dan gedung sasana krida sudah terbakar," jelasnya saat kepada wartaplus.com, Minggu (11/10).

Dirinya menuturkan, saat awal kejadian tersebut, kondisi di area Kantor Gubernur tidak terdapat armada pemadam kebakaran, sehingga api kian besar. Namun selang berapa waktu, enam armada pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Jayapura dengan dibantu oleh sejumlah truk tangki air, satu unit pemadam milik Dinas Perhubungan dan water Canon Polda Papua mulai berdatangan untuk melakukan pemadaman.

Sementara itu, Karo Humas Pemerintah Provinsi Papua, Israel Ilolu yang ditemui wartawan mengungkapkan, saat kejadian ada salah satu stafnya yang sedang bekerja. Dan tiba-tiba staf tersebut mendengar ada suara letupan dan percikan api dari arah gedung Sasana Krida.

"Iya kebetulan ada staf saya yang sedang bekerja. Dia tiba-tiba dengar diatas ada suara letupan dan melihat ada percikan api. Dugaan kami sementara kemungkinan terjadi arus pendek," ujarnya.

Israel mengatakan, jika saat ini  pihaknya masih mencari informasi soal penyebab kebakaran tersebut. Sementara kata dia, jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut belum diketahui dan belum bisa dipastikan.

"Kita belum tahu berapa kisaran kerugiannya. Tapi yang jelas tidak ada barang berharga, hanya sound sistem saja, karena yang terbakar adalah gedung serba guna yang dipakai untuk menggelar acara," jelasnya.

Setelah pemadam kebakaran, water Canon, dan sejumlah truk tangki air dikerahkan, api mulai perlahan padam sekitar pukul 14.00 WIT.*