Ini Cerita Penyelam Yang Gugur Saat Proses Evakuasi Lion Air PK-LQP

Net

WARTAPLUS - Penyelam bernama Syachrul Anto gugur saat proses evakuasi Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Dia sempat sadar dari pingsan, tapi kemudian mengembuskan napas terakhir di rumah sakit.

Kabasarnas Marsekal Madya M Syaugi berbicara tentang gugurnya Syachrul dalam jumpa pers di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (3/11/2018). Dia mengaku sangat berdukacita.

"Saya sebagai Kepala Basarnas turut berduka juga yang sedalam-dalamnya atas gugurnya pahlawan kemanusiaan dari tim relawan kita demi tugas bangsa dan negara. Saya terus terang memberi apresiasi yang tinggi kepada personel Indonesia Diver tersebut”.


"Almarhum adalah personel yang kualitasnya tinggi, militan, senior. Jam selam cukup tinggi," ujarnya.

Syaugi menceritakan, Syachrul kemarin menyelam ke dasar laut bersama rekannya untuk mencari keberadaan korban dan puing-puing Lion Air PK-LQP. Namun, saat menyelam, Syachrul pingsan.

"Kalau Tuhan menghendaki lain, tidak ada satu pun kita yang mampu mencegahnya. Mereka kemarin sore dengan dua penyelam, dengan bodinya turun ke dasar untuk melihat barang-barang ataupun korban yang masih ada.
Setelah itu, satu pihak sedang mencari sesuatu, tiba-tiba menengok yang satunya (Syachrul) tidak ada. Cari-cari tidak ada, naik ke atas. Ternyata sudah di atas, agak jauh dan ditemukan oleh tim SAR. Pingsan," ujarnya.

"Kita punya dokter, kita tangani dengan dokter. Setelah ia sadar, kita masukkan di chamber untuk dekompresi. Kita punya peralatan itu semua. Setelah itu ternyata Tuhan menghendaki lain. Kita segera bawa tadi malam itu secepat-cepatnya ke Jakarta kemudian ke RS Koja," sambung Syaugi.

Syaugi mengatakan jenazah Syachrul sudah diserahkan kepada keluarga di Surabaya. Syachrul hari ini dimakamkan.

"Saya sebagai Kabasarnas dan tim terpadu ini menyampaikan berdukacita yang dalam atas gugurnya pahlawan kemanusiaan tersebut. Saya sangat mengapresiasi relawan-relawan ini. Tanpa diminta, mereka semangat melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan," ucapnya.