BPKP Siap Kawal Akuntabilitas Keuangan PON Papua

Kepala BPKP RI, Ardan Adiperdana saat rapat bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe di kantor BPKP Jakarta, Kamis (1/11)/Istimewa
JAKARTA, - Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan(BPKP) siap mengawal akuntabilitas keuangan pelaksanaan PON XX 2020 yang bakal diselenggarakan di bumi cenderawasih.
 
Kepala BPKP RI, Ardan Adiperdana menegaskan, pihaknya telah diberi mandat oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk ikut serta bersama pemerintah Provinsi Papua mensukseskan perhelatan PON XX.
 
"Tugas kami dari Presiden untuk mengawal kontabilitasi pelaksanaan penyelenggaraan PON XX Tahun 2020 di Papua sejak perencanaan,persiapan sampai dengan pertanggung jawaban," tegasnya kepada pers, usai menggelar rapat bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe beserta rombongan di ruang kerjanya, Kamis (1/11).
 
Menurut Ardan, rapat bersama pemerintah Papua membicarakan sejumlah poin penting terkait pelaksanaa pesta olahraga empat tahunan ini.
 
"Kami sudah menyatakan bahwa kami dari pihak BPKP siap untuk tugas yang diberikan," ujar Ardan.
 
Diakuinya, persiapan telah dijalankan baik dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan di Pusat maupun di papua.
 
" Saya juga menyampaikan bahwa mana kala ada keputusan sebaiknya harus sesegera mungkin dibawa ke tingkat menkeu ( menteri keuangan )agar dikordinasikan untuk adanya suatu keputusan yang memperlancar pelaksanaan itu, " tukasnya.
 
Untuk itu, lanjut Ardan, pihaknya sudah mempersiapkan sistim pengendalian interen dan juga aparat untuk menjaga,mengawasi dan memastikan bahwa semua sistem penganggaran berjalan dengan baik.