Kabupaten Nduga Butuh 1000 Tenaga Guru dan Paramedis

Sekda Nduga, Naima Gwijangge/Cholid

JAYAPURA,- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nduga, Naima Gwijangge mengatakan, Nduga masih membutuhkan 1000 tenaga guru maupun paramedis.

Ia menyebutkan terdapat 39 unit sekolah yang sudah dibuka dan bersebar di 32 distrik di Kabupaten Nduga saat ini. Diantaranya  32 sekolah dasar (SD), 3 SMA/SMK, dan 4 sekolah Taman Kanak-kanak (TK).

 “Kami butuh sekitar 1000 orang guru di Kabupaten Nduga. Saat ini ada sekitar 300 orang guru disana, di luar dari tenaga medis. Statusnya selama ini sebagai tenaga kontrak sejak tahun 2015 lalu, dengan honor Rp 5,3 juta perbulannya,” bebernya.

Sementara kata dia, tenaga medis saat ini jauh lebih minim dibandingkan guru. Puskesmas sendiri di Nduga terdapat 8 unit, untuk mengakomodir layanan kesehatan bagi warga di 32 distrik.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kemenpan RI soal rencana membuka lowongan kerja untuk formasi guru dan tenaga medis di Nduga. Saat ini masih dalam tahap peninjauan untuk mewujudkan itu, karena memang kurangnya tenaga guru dan medis di Nduga sangat memprihatinkan,” terang Naima. *