8 BP Cabor Dilantik, Ketum KONI: Tingkatkan Pembinaan dan Prestasi Atlit

Gubernur melantik delapan Badan Pengurus Cabang Olahraga di kabupaten, kota se Papua Barat/Albert

MANOKWARI,-Delapan cabang olaharaga (cabor) di kabupaten, kota di Provinsi Papua Barat dilantik oleh Ketua Umum (Ketum) KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan, Senin (8/10) malam. Adapun 8 cabor yang dilantik antara lain, cabor FAS, POSI, POSSI, PERBASASI, PTMSI, HOKKY, PERKEMI, dan PRSI. 

Dalam sambutannya, Dominggus Mandacan berpesan  kepada badan pengurus (BP) Cabor agar meningkatkan prestasi olahraga yang maksimal di Papua Barat. Lalu mempersiapkan atlet untuk mengikuti setiap iven, baik di tingkat regional, nasional, internasional dan persiapkan diri  menuju PON Papua ke-20 di Tahun 2020.

Kata Dominggus, prestasi dan pembinaan atlet setiap cabor di kabupaten, kota harus lebih maksimal sehingga saat menghadapi setiap ivent olahraga tidak kakuh. "Pengurus cabor jangan hanya menjadi pengurus dan malas bekerja, namun menjalankan tugas sesuai jabatan di masing-masing cabor. Di samping itu, saya sarankan untuk melakukan pembinaan kepada atlet secara bertahap dan maksimal" pesan Dominggus.

Dalam kesempatan itu, Gubernur yang juga adalah pembina cabor di Papua Barat mengharapkan BP cabor juga menyambut baik tuan rumah PON di Papua Barat. 

Pelantikan badan pengurus ini, tambah Gubernur bahwa memberikan legalitas hukum kepada badan pengurus agar meningkatkan efektivitas olahraga yang terstruktur, terorganisasi dan profesional.

Dia pun berpesan kepada pengurus cabor untuk bekerja ekstra keras dan berperan aktif, sebab mengigat PON di tanah Papua semakin di depan mata.  "Para atlit di masing-masing cabor dilibatkan setiap iven yang ada di dalam dan luar Negeri. Kemudian cabang olahraga memacu semangat atlit, dan menumbukembagkan minat bakat atlit setiap cabor di Papua Barat" katanya Gubernur.

Di akhir sambutannya, Gubernur menyatakan bahwa pembangunan sport center di Susweni, distrik Manokwari, kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat agar dikembangkan. Apalagi hadirnya sport center itu dapat mengurangi kesenjangan sarana prasarana olahraga di daerah ini, kemudian hadirnya sport center ini memacu semangat dan kualitas atlit-atlit untuk tetap berprestasi.

Kata dia, Papua Barat juga akan menjadi tuan rumah PON tahun 2020. Dimana 6 cabor akan dipertandingkan antara lain, Sepakbola, Selam, Renang, Tenis Meja, Terjung Payung, dan Balap Motor.

"Mencari ilmu anak Papua susah, mencari birokrat dan politisi sangat sedikit, tetapi mencari olahragawan sangat banyak. Apapagi kita Papua Barat memiliki segudang atlet memiliki potensi luar biasa. Untuk itu diharapkan para atlit ini dapat dilatih dan bina secara baik sehingga kedepan mereka akan mengharumkan Papua Barat di tingkat, Nasional,  internasioanal, dan regional,” tutup Dominggus Mandacan disalah satu hotel di Manokwari, Papua Barat.*