KM Labobar Bawa 16 Kontainer Bantuan Korban Gempa Tsunami Sulteng

Kepala KOSP (kiri) saat menyerahkan bantuan kepada Nahkoda KM Labobar (kedua dari kanan)/Ola

SORONG,-KM Labobar milik PT. Pelni yang bersandar Jumat siang (5/10) di Pelabuhan Sorong direncanakan akan memuat sekitar 16 Kontainer bantuan korban gempa tsunami di Sulawesi Tengah yang berasal dari beberapa wilayah kawasan Timur Indonesia seperti Serui, Nabire, Manokwari, Sorong dan akan singgah di Ternate dan Bitung.

Demikian pernyataan Nahkoda KM Labobar, Capten Ruff kepada awak media usai menerima bantuan 5 kontainer dan ratusan koli bantuan warga Sorong Raya yang diserahkan oleh Kepala Syahbadar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Takwin Masuku.

Dalam keterangannya, Takwin 
mengatakan bahwa kontainer berisi bantuan yang diserahkan ke Posko KSOP ada sembilan kontainer, dimana setiap kontainer berisi sekitar 15 sampai 20 ton.

"Hari ini kami mengirim lima kontainer dan sisa empat kontainer akan diangkut dengan trayek berikutnya atau dengan kapal navigasi yang akan berangkat ke Palu dan Donggala, " terang Takwin. 

Ditambahkan oleh Takwin bahwa bantuan yang dikirimkan berasal dari insisiasi KSOP melalui posko insan maritim. Namun respon dan antusias warga Sorong begitu besar sehingga bantuan juga berasal dari perorangan, instansi, TNI, Polri dan Komunitas masyarakat.

"Setelah ini dikirim, Kami masih membuka Posko lagi. Nanti kalau ada kapal Pelni yang kearah sana, bisa kami titipkan kembali," ujar Takwin.

Direncanakan KM Labobar yang bertolak dari Sorong, Jumat (5/10) akan tiba di pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah pada Senin (8/10) dan kemudian akan diterima KSOP Palu untuk disalurkan ke posko-posko bantuan.*