Selandia Baru Sumbang Dana Bantuan Untuk Korban Bencana Sulteng

Net

WARTAPLUS - Pemerintah Selandia baru berkomitmen untuk memberikan dana bantuan bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah Senilai NZ$5 juta atau Rp49 miliar.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peters dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Komitmen berupa uang NZ$5 juta adalah nilai yang terhitung saat saya sedang berbicara sekarang," ujar Peters di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Oktober 2018.

Selain itu, Peters mengatakan ada bantuan logistik dan pesawat pengangkutan Hercules C130 yang akan segera mendarat di Indonesia. Negara di kawasan Oseania juga berencana menambah jumlah dan jenis bantuan bagi Indonesia.

"Kami sedang membahas akan menerjunkan sebanyak mungkin bantuan saat ini," ujar Peters.

Kunjungan Peters ke Indonesia berfokus pada pembahasan rencana peningkatan kerja sama kedua negara pada momen 60 tahun hubungan diplomatik.

Peningkatan kerja sama utamanya akan dilakukan pada bidang teknologi informasi, perdagangan, sosial, investasi, juga di sejumlah kerja sama multilateral.

"Saya senang bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Luar Negeri Indonesia untuk menegaskan kembali peningkatan hubungan bilateral kami dengan Indonesia," ujarnya.