Puluhan Wartawan di Papua Barat Ikut UKW, Panitia PWI Mantapkan Persiapan

Ketua PWI Papua Barat Bustam/Albert

MANOKWARI,- Puluhan wartawan di Provinsi Papua Barat akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat.

Kegiatan itu akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 21- 22 September 2018 di Manokwari, Papua Barat.

Untuk menyukseskan kegiatan dimaksud panitia dan pengurus PWI mantapkan persiapan melalui rapat evaluasi, Rabu (19/8) di Sekertariat sementara LPP RRI Manokwari.

"Sebanyak 42 wartawan dan wartawati di kabupaten/kota Papua Barat akan mengikuti UKW yang dilaksanakan oleh PWI Papua Barat selama dua hari," kata Ketua PWI Papua Barat, Bustam.

Menurut  Bustam, rata-rata wartawan di Papua Barat berminat umtuk mengikuti UKW. Dimana sebelumnya target PWI 60 orang peserta, namun berdasarkan syarat UKW, maka peserta yang dipastikan ikut UKW sebanyak 42.

Menurut Bustam persiapan panitia sudah 90 persen, maka rapat ini dilaksanakan untuk memastikan persiapan panitia dan evaluasi apa yang kurang bisa dilengkapi.

"Syarat yang harus diikuti peserta UKW adalah mendapat rekomendasi pimred/pimpinan perusahaan yang memang berbadan hukum," sebut Bustam.

Lanjutnya, kelas UKW terbagi dalam kelas Muda, Madya dan Utama. Dimana kelas ini akan diuji langsung oleh para penguji yang berkompeten. Tidak hanya itu, peserta UKW juga harus melengkapi syarat yang diminta panitia sesuai aturan UKW.

Apalagi kegiatan UKW, lanjut Bustam, dilaksanalan sebagai syarat maupun ketentuan untuk mendorong Pers Indonesia, khusus bagi wartawan di Provinsi Papua Barat disertifikasi, termasuk harus profesional dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik.

"Seorang wartawan memang harus diuji bisa mengetahui sejauhmana kemampuan dalam melaksanakan tugas jurnalistik," tambah Bustam kepada wartawan usai rapat panitia UKW. *