Sehari Usai HUT AL Kapal Perang Terbakar

Kapal Perang KRI Rencong dengan nomor lambung 622 milik TNI AL terbakar di perairan Sorong/Ola

SORONG,-Sehari peringatan HUT AL ke 73, Kapal Perang KRI Rencong dengan nomor lambung 622 milik TNI AL terbakar di perairan Sorong tepatnya di ujung Pulau Senapan Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (11/9).

Menurut informasi yang diterima kalangan wartawan kronologis awal kejadian yaitu sekitar pukul 07.00 WIT, kapal melaksanakan pemanasan Gas Turbin, dimulai dengan start APU. APU sempat hidup kemudian mati lagi.

Saat dicek ke lokasi tiba-tiba api muncul, crew kapal kemudian melaksanakan pemadam tetapi api tetap membesar sampai merembet ke gudang Amunisi dan semakin membesar.

Sambil berupaya mengatasi kebakaran kapal diarahkan ke daratan terdekat yaitu Pulau Yefdoif.

Kemudian sekitar pukul  08.00  WIT, kapal Black out kemudian kapal lego jangkar dan api semakin membesar dan tidak dapat diatasi. 

Kemudian komandan KRI memerintahkan peran peninggalan dengan pertimbangan karena api sudah merambat sampai gudang amunisi dan rawan terjadi ledakan yang akan mengakibatkan korban jiwa. 

Usai meninggalkan Kapal yang terbakar, 38 personil KRI Rencong dievakuasi ke KM Citra Karya Papua.
Sampai berita ini diturunkan belum ada pernyataan resmi dari Panglima Armada III Kawasan Timur maupun Komandan Lantamal XIV Sorong.*