Festival Ajau Bhuyakha Diharap Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Kampung

Ketua Panitia Festival Ajau Sentani Bhuyakha, Jimmy Yoku/Fendi

SENTANI,– Setelah sukses melaksanakan Festival Ajau Sentani Bhuyakha I tahun 2017 lalu, kini panitia kembali melaksanakan Festival Ajau Sentani Bhuyakha II tahun 2018 yang akan digelar di Jembatan Kuning, Kampung Ifar Besar, Jumat (17/8).

Ketua Panitia Festival Ajau Sentani, Jimmy Yoku, kepada wartawan mengatakan, Festival Ajau kembali digelar untuk mengangkat budaya masyarakat yang tinggal di pesisir danau Sentani.

“Ajau merupakan salah satu pulau bersejarah dimana sebagai pusat peredaran manusia Sentani yang ada di sekitar danau Sentani. Untuk itu kita akan menampilkan kembali budaya yang hampir hilang di masyarakat Sentani, sehingga bisa disaksikan lagi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan,” kata Jimmy kepada Wartaplus.com, Kamis siang.

Dikatakan, dalam festival tahun ini akan dimeriahkan oleh sejumlah perlombaan dan tour wisata mengelilingi danau Sentani.

“Selain menggelar pertunjukan budaya, kita juga akan melaksanakan sejumlah lomba, seperti lomba dayung dan lomba menyelam tradisional. Kita juga menyediakan paket tour wisata mengelilingi danau Sentani dan masyarakat bisa mengabadikan moment berharga di sekitar danau sentani,” tambahnya.

Jimmy mengaku bahwa saat ini persiapan panitia sudah maksimal dan siap melaksanakan Festival Ajau II. “Persiapan kita sudah maksimal dan siap melaksanakan festival,” tuturnya.

Ia berharap agar dengan pelaksanaan Festival Ajau Sentani Bhuyakha ke II tahun 2018 dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Dengan festival yang dilakukan maka perputaran uang di kampung akan cepat terjadi, sehingga kita harapkan ada peningkatan pendapatan masyarakat kita di kampung,” harapnya.

“Bagi masyarakat yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura yang ingin melihat langsung festival ini, bisadatang dan menyaksikan langsung di Jembatan Kuning, Kampung Ifar Besar,” ajaknya. *