HUT SMAN 2 Manokwari ke-30, Guru dan Alumni Aksi Donor Darah

Donor darah yang berlangsung di salah satu gedung SMAN 2 Manokwari itu melibatkan alumni, guru dan siswa/siswi/Albert

MANOKWARI,- Dalam rangka hari ulang tahun (HUT) SMA Negeri 2 Manokwari, Provinsi Papua Barat yang ke-30 tepat pada tanggal 8 Agustus 2018, panitia melaksanakan berbagai kegiatan. Di antaranya jalan sehat dan aksi donor darah, Senin (6/8).

Donor darah yang berlangsung di salah satu gedung SMAN 2 Manokwari itu melibatkan alumni, guru dan siswa/siswi yang tergerak hati mendonorkan darah.

Tak hanya mendonor, namun para alumni ini juga melakukan tensi darah kepada petugas medis yang sudah siap melayani. Salah satunya adalah alumni Chris May. Panitia juga menyiapkan hiburan panggung di halaman sekolah dan melibatkan para siswa/i, alumni, dan guru.

Pelaksana donor darah dari pihak RSUD Manokwari langsung dipimpin dr. Queencia Morin. Morin mengatakan, pihaknya ikut meramaikan hari jadi SMA N2 dengan melakukan aksi donor darah.

Target peserta donor 50 lebih, namun target itu tidak menjamin asalkan peserta mampu mendonor membantu pihak RSUD, sebab saat ini pihak lagi membutuhkan stok darah untuk membantu pasien yang membutuhkan.

"Sejauh ini sudah ada 9 peserta yang mendonor darah, namun tak menutup kemungkinan masih ada peserta yang mendonor" kata dr. Morin kepada wartaplus.com

Target memang penting untuk donor darah, sebab setetes darah sangat penting untuk membantu pasien.

Terkait kategori golongan darah, kata Morin, golongan darah O, A, B dan AB. Namun yang paling banyak adalah golongan darah O, sedangkan golongan A, B dan AB sangat susah.

Menurutnya, terkadang stok darah di RSUD sangat menipis bahkan meminta kepada pihak PMI pun terkadang tersedia, namun juga kadang terbatas juga.

Dia menambahkan siswa/i aktif sangat respon mendonor, sebab setetesdarah mereka sangat membantu. "Memang sehari saja aksi donor tetapi kita berharap dengan kegiatan kemanusiaan membantu pihak RSUD untuk kebutuhan stok darah" ujar Morin. *