KM Maros Tenggelam, 3 ABK Masih Hilang

Tim Rescuer Basarnas brifing sebelum melaksanakan pencarian 2 ABK KM Maros Indah yang tenggelam di Pulau Yefius/Ola

SORONG,-Sebuah kapal kayu pengangkut logistik dengan identitas KM Maros Indah dengan GT 34 mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan selatan Pulau Yefius, Kabupaten Sorong, Papua Barat, sekitar pukul 01.00 WIT dini hari.

Tenggelamnya KM Maros Indah diduga disebabkan kelebihan Muatan (overload). Diketahui KM Maros Indah berangkat dari Anjak Kais Inawatan Kabupaten Sorong Selatan menuju Sorong dengan Haluan 304 derajat dan diperkirakan jarak lokasi kejadian sekitar 26 Nauticle Mile selatan pulau Yefius, Kabupaten Sorong.

KM Maros Indah dioperasikan dinahkodai oleh Budin dan diawaki 5 orang crew yaitu Udin, Ramli, Amir dan Ramadhan. 

Pasca mengalami tenggelam, ABK atas nama Amir dan Ramadhan berhasil menyelamatkan diri dengan berenang menuju ke pulau Yefius menggunakan pecahan body kapal yang terbuat dari kayu dengan kondisi selamat dan lemas, kemudian segera ditolong oleh masyarakat setempat ke puskesmas di Yefius. Sementara 3 orang lainnya belum diketahui nasibnya pasca kejadian tenggelamnya kapal tersebut.

Menanggapi kejadian tersebut, Kantor Pencarian dan Pertolongan Sorong (Basarnas) mendapatkan info dari Stasiun Radio Pantai dan segera melakukan aksi dengan mengirimkan personil rescue dan RB 221 serta unsur tambahan dari ditpolair menuju ke lokasi kejadian. 

"Operasi Pencarian sedang dilaksanakan, kami berharap dapat menemukan korban lainnya," ujar Kepala Basarnas Sorong, Emmy Frezzer.*