Thomas Sondegauw: Terima Kasih TNI/Polri, Pilkada Papua Berjalan Lancar!

Thomas Sondegauw

JAYAPURA,- Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Thomas Sondegauw memberikan apresiasi kepada pihak TNI/Polri yang mampu menjaga kamtibmas di pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua serta pemilihan bupati dan wakil bupati di tujuh kabupaten hingga berjalan lancar.

“Untuk keamanan saya memberikan apresiasi kepada Kapolda dan Pangdam beserta suluruh jajarannya atas kinerja mereka menjaga keamanan dalam pemilu serentak di Papua sehingga berjalan aman dan lancer walaun ada beberapa kendala yang dihadapi,” ungkapnya saat ditemui Selasa (9/7) sore.

Lanjut Thomas, dengan dedikasi yang dilakukan pihak kemanan dalam hal ini TNI/Polri di Papua, bisa membantah anggapan yang selama ini beredar di luar Papua yang menganggap bahwa Papua adalah daerah nomor 1 di Indonesia yang rawan terjadianya konflik akibat pilkada.

“Statemen yang selama ini dikhawatirkan kalau Papua paling rawan dapat dibantahkan dengan terselenggaranya pilkada yang aman, damai dan lancAr dengan usaha yang dilakukan pihak TNI/Polri dan mudah-mudahan dapat berjalan lancar di pemilihan yang akan datang,” tuturnya.

Selain itu terkait dengan aksi kelompok kriminal bersenjata dirinya mengungkapkan tidak ada sangkut pautnya dengan pelaksanaa pilkada dan aksi penembakan tersebut resmi merupakan aksi kriminalitas yang dilakukan oleh kelompok yang prokemerdekaan.

“Papua saya rasa berjalan lancar pilkadanya, kalau masalah gangguan keamanan yang terjadi di Nduga dan Puncak Jaya itu bukan upaya dalam menggagalkan tahapan pilkada di Papua melainkan itu murni dilakukan oleh kelompok sebelah sehingga saya jamin pelaksanaa pilkada saat ini berjalan aman dan damai serta sesusi harapan kita semua,” jelasnya. *