Pemprov Bakal Gelar Pameran Kerajinan Bagi Perempuan Papua

Kepala Dinas BP3AKB Provinsi Papua, Anike Rawar/Andi Riri

JAYAPURA, - Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana(BP3AKB) Provinsi Papua dalam waktu dekat berencana menggelar pameran kerajinan bagi perempuan Papua di Kabupaten Biak Numfor.

“Ya tahun ini kita rencanakan akan digelar pemeran kerajinan bagi perempuan Papua di Kabupaten Biak yang melibatkan 9 Kabupaten di Papua,”ungkap Kepala Dinas BP3AKB Provinsi Papua,Anike Rawar kepada pers di Jayapura, Senin (9/7).

Menurut dia, pameran ini merupakan event tahunan dimana sekarang telah memasuki tahun kelima

“Memang 9 Kabupaten yang kita undang dalam pemeran tersebut sesuai dengan DPA kita tahun 2018 ini. Namun tidak menutup kemungkinan semua Kabupaten nanti akan diundang untuk ikut dalam pemeran ini,”bebernya.

Adapun 9 Kabupaten yang akan memeriahkan pameran tersebut diantaranya tuan rumah Kabupaten Biak Numfor, Yapen, Sarmi, Mimika,Kerom dan beberapa Kabupaten lainnya.

Noken Logo PON XX

Anike berharap para peserta dari 9 Kabupaten ini bisa mempersiapkan diri dengan baik agar menampilkan hasil kerajinannya semenarik mungkin

“Jadi di tahun 2020 nanti di Papua ada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON), kami mempersiapkan kepada perempuan Papua untuk membuat noken yang berlogokan PON 2020,”terangnya.

Dia juga berharap hasil kerajinan nokon berlogo PON 2020 tersebut nantinya bisa dijualkan kepada para peserta atau kontingen dari luar yang ikut di PON 2020 Papua nanti.

Selain itu nokon berlogo PON 2020 ini nantinya bisa menjadi salah satu cindera mata. Namun terkait hal ini pihaknya masih akan mendiskusikannya dengan PB PON Papua 2020.

“Intinya kami sudah himbaukan kepada semua perempuan Papua yang kini menekuni kerajinan noken,untuk membuat noken berlogo PON 2020.Tentu ini bagian menyambut peluang pada pesta olahraga empat tahunan ini,”tutupnya.*