Kapolda Pimpin Upacara Penyucian Pataka Bhayangkara Polda Papua

Proses membersihkan Pataka Rastra Samara di Aula Rupatama Mapolda Papua/Humas Polda

JAYAPURA,- Kepolisian Daerah Papua melaksanakan tradisi suci Pataka Rastra Samara di Aula Rupratama Polda Papua, Jumat 6/7) siang. Ritual penyucian atau pembersihan Pataka ini rutin dilakukan setiap tahun dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Bahayangkara yang jatuh pada tanggal 1 Juli.

 “Ritual ini tidak bisa dilaksanakan bertepatan dengan harinya, biasanya dilakukan sebelum atau sesudah hari H,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar kepada wartawan usai prosesi penyucian Pataka.

Ia menuturkan, pembersihan Pataka ini hukumnya wajib bagi para anggota polri, karena Pataka yang dimiliki Polda Papua mengandung makna bahwa setiap anggota Polri yang ada dibawah jajaran Polda Papua harus mengemban tugas dengan amanah dan sebaik-baiknya.

“Ini merupakan tradisi dikalangan internal personil kepolisian sebagai penghormatan kita terhadap Pataka Polda Papua,” terangnya.

Selain menjalankan tradisi pensucian Pataka dalam rangka Hari Bahyangkara, lanjut Boy Rafli, dilakukan juga berbagai rangkaian kegiatan seperti berziarah ke Taman Makam Pahlawan, penyucian di  laut, syukuran dan memberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang berprestasi.

 “Nantinya kita akan memberikan Police Award atau penghargaan kepada masyarakat yang banyak memberi bantuan terhadap tugas-tugas kepolisian dan juga kepada personil berprestasi,” tandas Boy. *