Gubernur DIY Buka Rakenas Siwo PWI dan Porwada III DIY 2018

Pembukaan Rakernas Siwo dan Porwada DIY ke-III 2018/Alberth


YOGYAKARTA,- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwana X membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI dan Persatuan Wartawan Daerah (Porwada) III DIY 2018 di GOR Amongraga, Kamis (5/7) malam.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana sebelum membuka kegiatan berpesan kepada setiap peserta atlet Porwada dari 5 daerah se DIY untuk menunjukkan sportifitas dalam bertanding memperebutkan piala bergilir DIY pada Porwada 2018.
Kata Sri Sultan, kegiatan ini merupakan ajang olahraga dan refresin kepada para Wartawan baik di Provinsi DIY, namun juga se Indonesia. Pada kesempatan itu, Gubernur DIY, juga menyampaikan selamat atas penyelenggara Rakernas Siwo yang mempercayakan Yogyakarta sebagai tuan rumah.

Lanjutnya, Rakernas Siwo ini turut dihadiri delegasi wartawan se Indonesia. “Ajang rakernas merupakan kegiatan nasional yang mengumpulkan semua wartawan dari perwakilan daerah seluruh Indonesia, bahkan kita bisa bilng sebagai refresing bagi para wartawan, namun saya sampaikan terima kasih kepada delegasi wartawan yang sudah datang berkumpul di daerah ini,”ucap Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X.

Mewakili Kemenpora, Sesmenpora Gatot S. Dewobroto menyampaikan selamat atas dilaksanankannya Rakernas Siwo dan Porwada DIY ke-III 2018. Menurutnya, kegiatan ini merupakan persiapan para wartawan untuk nanti turut hadir pada peliputan Asian Games 2018.

Dalam sambutan singkat Ketua PWI DIY Suyono menyampaikan bahwa, sangat istimewa karena selain kegiatan Rakernas dan Porwada, juga turut hadir para Ketua PWI Se Indonesia.

Kata dia, kehadiran delegasi wartawan se Indonesia ke DIY memberikan sumbangsi atau retribusi daerah.
Sementara Ketua Siwo Pusat Raja Parlindungan Pane mengatakan, sangat bersejarah karena Provinsi DIY telah melaksanakan dua kegiatan besar sekaligus disini.

Pertama melaksanakan Rakernas Siwo se Indonesia dan Porwada se DIY. Untuk itu, ia berharap kedepannya Porwanas setelah di Provinsi Papua, DIY bisa menjadi tuan rumah.

“DIY menunjukkan kesiapan untuk menuju Persatuan Wartawan Olahraga Nasional (Porwanas), sebab sebelum terlaksana Porwanas, Porwada merupakan ajang menyeleksi para atlit wartawan untuk dipersiapan menuju Porwanas di Jayapura, Provinsi Papua nanti,” tambah Ketua Siwo Pusat.

Plt PWI Pusat Sasangko Tejo, Sekjen PWI Pusat Hendry CH Bangun turut hadir, dimana Sasongko Tejo menyampaikan terima kasih kepada Gubernur DIY, pengurus Siwo DIY, pengurus PWI DIY dan seluruh delegasi wartawan seluruh Indonesia atas terselenggara dua kegiatan besar saat ini.

Upacara Porwada dan pembukaan Rakernas Siwo PWI dibuka Gubernur DIY dengan menabuh gendang sebagai simbol dimulainya pembukaan dua kegiatan tersebut. Namun acara diisi dengan tarian senyum Indonesia, dan upacara pembukaan. 

Hadir pada pembukaan yakni Sesmenpora Gatot S Dewobroto, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X, Wakil Kettua DPRD DIY Arif Noor Hartanto, Plt Ketun PWI Pusat Sasongko Tejo,  Sekjen PWI Pusat Hendry CH Bangun dan delegasi wartawan seluruh Indonesia.*