BWS Papua Pastikan Bangun Tanggul di Perumahan Yahim Gajah Mada

Tim BWS Papua saat meninjau kali di belakang perumahan Yahim Gajah Mada, Kamis (28/6)/Istimewa

SENTANI, - Upaya penanggulangan banjir Perumahan Yahim Gajah Mada Permai terus dilakukan pasca banjir yang berulang kali  menggenangi Perumahan bersubsidi Program Sejuta Rumah Presiden Joko Widodo  tersebut.

Seperti yang tampak pada Kamis (28/6) sore dimana tiga petugas dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua meninjau langsung aliran sungai mulai dari jembatan Kehiran Kampung Ifale Distrik Sentani Kabupaten Jayapura yang mengalir hingga ke belakang perumahan Yahim Gajah Mada.

Kepala Satuan Kerja  Pengelolaan jaringan Sumber Air Balai Wilayah Sungai Papua, Sumarji menyatakan, peninjauan ini dimaksudkan dalam rangka upaya Penyusunan pola dan rencana pengelolaan sumber daya air pada Wilayah Sungai tersebut. Dimana dalam waktu dekat akan segera dibangun tanggul sepanjang jembatan kali kehiran hingga ke belakang perumahan gajah mada.

"Hal ini dilakukan untuk menanggulangi banjir pada Perumahan Yahim Gajah Mada, mengingat sebentar lagi akan memasuki musim hujan tahun ini," kata Sumarji yang dalam peninjauan tersebut didampingi Paul Noya yang menjabat sebagai PPKDSE,  Cahyani PPK Sungai & Pantai, Bhabinkamtibmas Sentani Kota Bripka Surianto dan Ketua RW III  Kampung Yahim Distrik Sentani, Siprianus Yongki.

Sumarji menjelaskan, pada dasarnya tugas pokok Balai Pengelolaan Sumber Air Sungai dan Pantai Wilayah Papua Kementerian PUPR Wilayah  Papua yakni Melaksanakan pengelolaan sumber daya air di wilayah sungai yang meliputi perencanaan, pelaksanaan konstruksi, operasi dan pemeliharaan dalam rangka konservasi dan pendayagunaan sumber daya air dan pengendalian daya rusak air pada sungai, danau, waduk, bendungan dan tampungan air lainnya, irigasi, air tanah, air baku, rawa, tambak dan pantai

Terkait peninjauan ini, Bripka Surianto menegaskan semuanya berjalan aman dan lancar.*