Empat Kabupaten Jadi Perhatian Saat Pelaksanaan Pilkada di Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar/Cholid

JAYAPURA,- Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengungkapkan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Provinsi Papua tahun 2018 ada empat kabupaten yang menjadi perhatian khusus dan pengamanan ekstra mengingat daerah tersebut rawan terjadinya konflik dan gangguan kelomok kriminal bersenjata.

“Untuk daerah yang menjadi perhatian ada empat yakni Kabupaten Paniai, Puncak, Mamteng dan Jayawijaya,” singkatnay saat diwawancarai usai menutup off-road championsip Kapolda Cup, Sabtu (23/4) sore.

Kata Boy, bukan hanya empat kabupaten itu sebenarnya menjadi perhatian khusus tapi semua daerah, namun empat kabupaten tersebutlah yang paling rawan konflik dibanding daerah lain yang melaknsakan Pilkada di Provinsi Papua.

Lanjut Boy, sejauh ini pergeseran pasukan telah dilakukan, dimana jumlah personil yang terlibat dalam pengamanan pilkada 11 ribu baik TNI/Polri dan BKO Brimob Mabes Polri serta BKO Polda Papua.

“Untuk pasukan semua sudah kami lakukan geser dari beberapa waktu lalu dman saat ini kami hanya melakukan monitoring saja,” ujarnya.

Dirinya pun berharap pelaksanaan pesta demokrasi di Papua untuk memilih pemimpin yang bisa membangun Papua yang labih baik dapat berjalan baik, bermartabat dan tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. *