Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

Ilustrasi Tekomsel

JAYAPURA, wartaplus.com - Telkomsel mencatat tiga wilayah Kota/Kabupaten di Maluku dan Papua memiliki pertumbuhan trafik penggunaan data tertinggi selama periode Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 1445H/2024. Tiga kabupaten tersebut berada di Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Pegunungan.

Kabupaten Nduga tercatat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 301,83 persen, diikuti Kabupaten Yalimo naik sekitar 207,92 persen dan Kabupaten Tolikara naik 194,51 persen.

Ini menunjukkan kesuksesan Telkomsel dalam mengawal aktivitas  digital pelanggan selama momen Ramadhan dan Idulfitri 1445 H, melalui optimalisasi jaringan broadband terdepan serta ketersediaan produk dan layanan bernilai tambah.

General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Maluku and Papua, Agus Sugiarto mengatakan, sepanjang momen ini, Telkomsel di wilayah Maluku dan Papua mencatatkan peningkatan trafik internet mencapai 8,55 persen dibandingkan hari biasa 2024 atau 16,43 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Beragam upaya yang telah dilakukan oleh Telkomsel ini sejalan dengan komitmen sebagai digital telco service provider terdepan di Maluku dan papua dalam memberdayakan Masyarakat dengan menghadirkan inovasi teknologi jaringan serta layanan terdepan.

“Telkomsel mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia. Semoga pada momen yang penuh keberkahan ini, kita semua diberikan kebahagiaan yang melengkapi kebersamaan kita sebagai bangsa," ucap Agus.

"Selain itu, kami juga bersyukur dapat mengawal dan melayani pelanggan setia tanpa gangguan yang berarti pada momen Ramadan hingga arus balik Hari Raya Idulfitri 1445 H,” ucapnya lagi.

Selama periode RAFI 2024, lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital di Maluku dan Papua didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital seperti mobile gaming melonjak 383,86 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 309,04 persen, video streaming tumbuh 252,50 persen, akses e-commerce naik 324,08 persen, akses media sosial naik 249,15 persen, dan akses browsing tumbuh 319,26 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp (naik 331,84 persen), Instagram (naik 290,75 persen), TikTok (naik 240,17 persen), YouTube (naik 293,98 persen), dan Facebook (naik 239,34 persen). Kemudian untuk trafik layanan SMS tercatat turun 18.90 persen dan layanan suara turun sekitar 10.15 persen dibandingkan hari biasa.

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi pada pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen RAFI 2024 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

Lebih jauh ungkap Agus, peningkatan signifikan trafik internet Telkomsel merupakan bukti nyata dari kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan Telkomsel, sekaligus menunjukkan keberhasilan strategi optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan terdepan yang difokuskan pada 20 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah di Maluku dan Papua.

Serta memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan yang berfokus pada pelanggan, menghadirkan berbagai program promo produk layanan digital, hingga program loyalitas bagi setiap orang, setiap rumah, dan setiap bisnis.

"Telkomsel mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan menggunakan produk dan layanan dari Telkomsel," ucapnya.

"Kami terus berkomitmen untuk memastikan kesiapan jaringan di momen-momen besar keagamaan seperti Hari Raya, dan momentum penting lainnya yang membutuhkan keandalan layanan internet,” tutupnya.(rilis)