Pimpin Daerah Konflik di Papua, Dr.H. Tumiran Raih Penghargaan Future Leader Award 2024

Pj Bupati Puncak Jaya, Dr.H. Tumiran saat menerima penghargaan dari Pimpinan Seven Asia, Tian Aji/ProkompimPJ

JAKARTA, wartaplus.com - Penjabat Bupati Puncak Jaya, Dr. H. Tumiran S.sos, M.AP menerima penghargaan di ajang Indonesia Global Awards 2024 yang digelar di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Jumat (09/03/2024) malam.

Pj Tumiran menjadi salah satu Kepala Daerah yang dianugerahi penghargaan “Most Promosing Leader Indonesia” dari Seven Media Asia, Asia Global Council, The Leaders Magazine Indonesia dan Inzpiring Woman Magazine.

Untuk diketahui Piagam Penghargaan ini diberikan kepada Kepala Daerah, Legislatif, Profesional dan BUMN yang dinilai telah memiliki kepemimpinan dan kinerja baik serta menginspirasi.

Acara penganugerahan award tahun ini mengusung tema "Inovasi Pemimpin Pembawa Perubahan".

Adapun acara diawali dengan Night Dinner, dimana para tamu yang hadir menikmati makan malam sembari dihibur dengan penampilan tarian khas suku betawi.

Usai night dinner dilanjutkan dengan acara inti yaitu pengumuman nominasi penerima penghargaan tokoh dan figur menginsiprasi dari seluruh pelosok nusantara.

Dalam sambutannya, pimpinan Seven Media Asia Tian Aji, MBA mengatakan,pemberian penghargaan ini adalah bentuk apresiasi atas dedikasi terhadap setiap penerima award atas kinerja dan pengabdian mereka kepada bangsa dan negara, secara khusus kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.

"Kepada para penerima penghargaan, perkenankan kami menyampaikan rasa bangga dan hormat disertai ucapan terima kasih atas pengabdian, prestasi dan karya dalam pembangunan di segala bidang yang telah diukir dan memberi perubahan dan manfaat kepada bangsa dan negara ini," ucapnya.

Terima Kasih

Usai menerima penghargaan, Pj. Bupati Puncak Jaya Dr. H. Tumiran di awal sambutannya menjelaskan singkat tentang profil daerah Puncak Jaya yang dipimpinnya saat ini.

"Sebagian besar yang hadir di sini, mungkin ada yang belum pernah mendengar dimana letak Kabupaten Puncak Jaya. Kabupaten Puncak Jaya secara geografis terletak di daerah pegunungan Papua, dan secara administratif merupakan bagian dari Provinsi Papua Tengah yang memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi," jelasnya.

Disamping merupakan daerah yang paling sulit di jangkau dan terisolasi, lanjut Tumiran, memimpin daerah ini juga mempunyai tantangan yang sangat luar biasa, baik tantangan geografis, tantangan kemahalan harga, maupun tantangan terkait stabilitas keamanan, dimana masih sering terjadi aksi gangguan keamanan yang dilakukan  oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Akan tetapi dengan adanya penghargaan ini, membuktikan bahwa selaku Aparatur Sipil Negara mempunyai komitmen penuh selalu melayani masyarakat dgn baik, dan kami merasa bangga meskipun dengan keterbatasan dan situasi yang ada kami masih bisa mendapatkan penghargaan ini," ucapnya berterima kasih.

Pj Tumiran berharap, dengan penghargaan ini, akan semakin memotivasi dan menjadi tantangan bagi dirinya untuk dapat bekerja lebih baik.

Disamping itu, dengan adanya penghargaan ini, publik akan lebih mengenal Puncak Jaya dengan prestasi, dan bukan stigma negatif yang selama ini muncul bagi daerah pedalaman Papua, dan pencapaian ini adalah hasil dari partisipasi dan kontribusi semua stakeholders yang ada di Puncak Jaya.(adv)