Coblos di TPS 9 Kelurahan Oyehe, Pj Gubernur Papua Tengah Ajak Masyarakat Jangan Golput

Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk bersama suami, Nikodemus Rupombo mencoblos di TPS 09 Kelurahan Oyehe Nabire/Humas Papua Tengah

NABIRE, wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr.Ribka Haluk mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 9, Kelurahan Oyehe, Distrik Nabire, Rabu (14/02/2024) pagi.

Ribka Haluk yang tiba di TPS 09 sekitar pukul 08.45 WIT didampingi suami Nikodemus Rupombo terlihat berseragam batik bermotif Cendrawasih. Kedatangannya disambut gembira oleh petugas PPS masyarakat yang akan menyalurkan hak suaranya di TPS.

"Sebagai warga negara yang baik hari ini saya bersama suami telah melakukan pencoblosan," ungkap Ribka Haluk usai mencoblos.

Ribka Haluk menekankan pentingnya partisipasi aktif semua masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan presiden dan anggota legislatif pada hari ini.

Ia berharap agar tidak ada masyarakat yang memilih untuk golput, melainkan sungguh-sungguh menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin bangsa yang dianggap pantas.

"Pada kesempatan ini saya mengajak masyarakat untuk datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya untuk memilih Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPR Papua Tengah dan DPR Kabupatren. Diharapkan tidak ada masyarakat yang golput," ajaknya.

Masih Kondusif

Penjabat Gubernur juga menyampaikan hingga saat ini, kondisi di 8 Kabupaten Provinsi Papua Tengah masih aman dan kondusif. Ia berharap situasi tersebut dapat terus terjaga hingga proses pemilihan selesai.

"Kita akui bahwa kemungkinan terjadinya dinamika teknis di lapangan dapat terjadi karena letak geografis yang luas dan faktor cuaca. Namun, informasi dari 8 bupati di daerah menyampaikan masing-masing kabupaten menunjukkan bahwa situasi masih aman dan terkendali," tuturnya.

Dalam rangka menjaga kelancaran dan kesuksesan pilkada, Penjabat Gubernur Papua Tengah juga telah membentuk tim desk khusus.

Tim ini bertugas untuk memantau dan memonitor jalannya proses pemilihan untuk setiap kabupaten, dengan masing-masing kabupaten dipimpin oleh satu kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ribka Haluk juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah aktif berpartisipasi dalam pemilihan ini, serta kepada aparat keamanan yang menjaga keamanan selama proses pemilu. Dengan partisipasi yang tinggi, diharapkan hasil pemilihan dapat mewakili suara dan aspirasi dari masyarakat Papua Tengah.

Setelah pemilihan selesai, Penjabat Gubernur Papua Tengah mengajak masyarakat untuk terus menjaga semangat demokrasi dengan mengawasi kinerja para pemimpin yang terpilih dan memberikan masukan yang konstruktif.

"Dan dalam kesempatan ini saya ucapkan selamat hari valentine bagi seluruh masyarakat. Ayo kita bangun daerah ini bersama-sama dengan penuh kasih sayang, sehingga Papua Tengah dapat terus berkembang dan menjadi provinsi yang makmur dan sejahtera," pungkasnya.(adv)