PT Freeport Indonesia Rayakan Natal dan Tahun Baru 2024 Bersama Anak-Anak Pesisir Selatan Mimika

Tim Community Development PTFI berkunjung ke delapan kampung di pesisir selatan Kabupaten Mimika untuk memberikan bingkisan berupa makanan dan minuman ringan pada anak-anak di delapan kampung tersebut dalam program Natal dan Tahun Baru Ceria 2023/Istimewa

TIMIKA,wartaplus.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) dan mitra, yaitu Keuskupan Timika, Koperasi Maria Bintang Laut (KMBL), dan Pemerintah Daerah Distrik Mimika Timur Jauh melakukan kunjungan ke delapan kampung di pesisir selatan Kabupaten Mimika (Omawita, Fanamo, Otakwa, Ayuka, Tipuka, Nawaripi, Nayaro dan Koperapoka) untuk merayakan Natal dan Tahun Baru 2024 bersama anak-anak di kampung-kampung tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat interaksi PTFI serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan sukacita Natal dengan masyarakat dan kelompok anak-anak pesisir selatan Mimika.

Manager Community Development PTFI Yohanes Bewahan, menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian penutup dari berbagai kegiatan Natal dan pendampingan di kampung-kampung binaan yang dilaksanakan pada 6-18 Desember 2023 lalu. “PTFI berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan bantuan yang dibutuhkan untuk masyarakat di pesisir selatan Mimika, termasuk ditujukan pada kelompok anak-anak. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama kepada seluruh mitra dalam mewujudkan Natal Ceria dan program-program pengembangan ekonomi masyarakat lain yang telah dijalankan. Kami harap kegiatan-kegiatan ini dapat memperkuat hubungan yang telah terjalin baik serta dengan kegiatan ini, sukacita Natal dapat membawa keceriaan untuk anak-anak kita di kampung,”ujar Yohanes.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk kunjungan Santa Claus yang berkeliling berbagi bingkisan bagi anak-anak di delapan kampung binaan PTFI. Sebanyak 2.500 bingkisan berupa paket makanan dan minuman ringan untuk anak-anak dibagikan pada kegiatan tersebut. Anak-anak dengan dengan penuh antusias berkumpul mendapatkan bingkisan Natal. Kegiatan dimulai di kampung Nawaripi, Koperapoka, Ayuka, Tipuka dan Nayaro, lalu dilanjutkan ke kampung Otakwa, Omawita, Fanamo.


Kepala Distrik Mimika Timur Jauh, Julius Katagame, S.Sos, yang terlibat dan mendampingi kegiatan ini menyampaikan terima kasih kepada pihak perusahaan (PTFI) atas kepeduliannya membuat berbagai kegiatan dan program yang dilaksanakan di pesisir khususnya di wilayah Distrik Mimika Timur Jauh. “Kunjungan Natal ini menjadi program penutup akhir tahun yang selalu ditunggu oleh anak-anak di kampung. Tidak hanya memperkuat keterlibatan perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan komunitas setempat, PTFI juga berupaya untuk menyentuh kelompok anak-anak dengan menghibur dan memberikan bingkisan kepada mereka. Makanan dan minuman yang diberikan juga merupakan upaya PTFI dalam memperbaiki gizi anak-anak di pesisir selatan,”kata Julius.

Kegiatan Natal dan Tahun Baru Ceria telah berjalan sejak 2018, sehingga tahun ini adalah tahun kelima kegiatan bersama anak-anak di delapan kampung. Selain membagikan bingkisan, PTFI juga mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu-lagu sekolah minggu dan bertemakan Natal.*