Pengamanan di Bandara Sentani Diperketat Jelang Pemulangan Jenazah Lukas Enembe 

Tampak kendaraan taktis yang disiagakan di Bandara Sentani/Andy

SENTANI,wartaplus.com - Menjelang pemulangan jenazah Lukas Enembe yang dijadwalkan tiba pada Kamis (28/12/2023) besok, pengamanan di Bandara Sentani mulai diperketat. 

Ratusan personil gabungan TNI-Polri disiagakan untuk melakukan pengamanan di sejumlah titik di Bandara Sentani mulai dari pintu masuk bandara, area parkir, hingga ke Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura. 

"Selain yang pengamanan sehari-hari kita ada penambahan personil mulai dari personil Lanud Silas Papare, Pasgat dan Polres Jayapura. Kita akan menjamin keamanan dari pendaratan sampai perjalanan menuju rumah duka agar bisa berjalan aman dan lancar," kata Komandan Lanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah kepada wartawan di Bandara Sentani, Rabu (27/12/2023).

Indan menyebut, pengamanan yang dilakukan personil gabungan TNI-Polri untuk memastikan bahwa pelayanan di Bandara Sentani tetap berjalan meski ada penjemputan jenazah Lukas Enembe.

" Dalam pengamanan ini juga kita ingin memastikan bahwa bandara sebagai objek vital nasional yang melayani masyarakat Papua bisa berjalan dan beroperasi dengan normal. Artinya tidak ada penerbangan yang tertunda, cancel dan penumpang bisa mengakses ke bandara sentani," terangnya.

Ditempat terpisah, Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus Maclarimboen, mengatakan, ada penambahan personil untuk membantu pengamanan di Bandara Sentani menjelang penulangan jenazah Lukas Enembe. 

" Dari kita Polres Jayapura ada sekitar 500 personil yang membantu pengamanan di Bandara Sentani. Kemudian ada tambahan dari Polda Papua dan TNI," ujarnya.

Untuk menghindari penumpukan massa si Bandara Sentani, Kapolres menghimbau masyarakat yang akan menjemput jenazah untuk berada di luar bandara, sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat di Bandara Sentani. 

"Untuk menghindari penumpukan massa, kami himbau masyarakat yang akan menjemput berada di luar Bandara Sentani atau tetap berada di rumah duka, sehingga kita sama-sama menjaga situasi kamtibmas yang sudah aman dan damai," harapnya.

Kapolres mengatakan bahwa pihaknya akan mengawal pemulangan jenazah dari Bandara Sentani sampai ke rumah duka.

"Kita juga akan kawal dari bandara sampai ke rumah duka. Disamping itu kita menjaga nama baik beliau, sehingga apa yang beliau sudah karyakan menjadi catatan penting bagi kita generasi penerus," pintanya.

Rencannya, jenazah Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe akan diterbangkan dari Jakarta pada Rabu malam dan akan tiba di Bandara Sentani pada Kamis pagi.

Setelah itu, jenazah akan dibawa ke Kantor GIDI untuk doa dan selanjutnya jenazah dibawa ke rumah duka di Koya Barat untuk disemayamkan. (**)