MoU Pemda Puncak Jaya dan Bank Papua Tentang Penyaluran Gaji dan Fasilitas Kredit Pegawai

Penandatanganan MoU oleh Pj Bupati Puncak Jaya, H.Tumiran dan Kepala Kantor Bank Papua Cabang Mulia Robert Lemauk/ProkompimPJ

MULIA, wartaplus.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya lakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua Kantor Cabang Mulia tentang penyaluran gaji dan fasilitas  kredit pegawai, bertempat di Aula Sasana Kaonak kantor Bupati, Kamis (14/12).

Penandatanganan MoU oleh Pj Bupati Puncak Jaya, H. Tumiran, S.Sos, M.AP, Pj Sekda Yubelina Enumbi, SE, MM, dengan Kepala Kantor Bank Papua Cabang Mulia Robert Lemauk, disaksikan langsung oleh Direksi PT Bank Papua.

Hadir dalam acara MoU, Direksi PT Bank Papua Andarias Baunik, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Yahya Wonorenggo, S.IP, M.Sos, Para Kepala OPD, dan Kepala Distrik.

Dalam sambutannya, Direksi PT Bank Papua Andarias Baunik mengatakan, berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah, maka pengelolaan keuangan daerah adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Bahwa pendapatan Pajak dan Retribusi dapat menggunakan system aplikasi Mpos/TMD, EDC, Teller, dan QRIS. Sedangkan belanja subsidi/bantuan belanja pembangunan, belanja rutin, dapat menggunakan sistem aplikasi Laku Pandai, CMS/SIPD, ATM, M-Banking, QRIS melalui jaringan Kantor Bank Papua yang tersebar di wilayah Kabupaten Puncak Jaya yakni Kantor Cabang Mulia dan Kantor Kas Ilu, yang juga merupakan dukungan strategis terhadap pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah dan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Puncak Jaya.

"Kami berharap produk dan layanan digital ini dapat memberikan kemudahan transaksi perbankan serta meningkatkan pencapaian kinerja keuangan Pemerintah Daerah dan masyarakat di Kabupaten Puncak Jaya," harap Andarias.

Ditempat yang sama, Pj Bupati H. Tumiran mengapresiasi dan menyambut baik langkah yang dilakukan Bank Papua untuk Pemda Kabupaten Puncak Jaya.

“Perubahan penggunaan instrumen dari tunai menjadi nontunai memiliki banyak keuntungan yaitu efisiensi dalam cash handling, lebih praktis, akses lebih luas, transparansi transaksi dan identifikasi perencanaan ekonomi yang lebih akurat sehingga system payroll gaji ASN melalui rekening memberikan kemudahan kepada ASN” jelasnya.

Pj Bupati berharap agar Bank Papua sebagai salah satu bank yang hadir di kabupaten ini, terus berkomitmen memberikan kontribusi yang terbaik bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Puncak Jaya melalui pelayanannya di bidang keuangan.(adv/prokompim/valent)