Dies Natalis Uncen ke 61 tahun, Alumni Gelar Lomba Folk Song Lagu Daerah Papua

Flayer lomba Folks Song dalam Rangka Dies Nataslis Universitas Cenderawsih ke 61/Istimewa

JAYAPURA,wartaplua.com - Alumnus Universitas Cenderawasih menggelar lomba Folk Song pada Jumat (3/10) mendatang di Suni Hotel Abepura.  Ketua Panitia Wasek Keliopas Sirami kepada wartaplus.com, Rabu (1/11/2023, mengatakan lomba akustik yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis Uncen ke 61 tahun.

Dia menyebutkan kegiatan yang dilaksanakan untuk mendorong ruang bagi musisi akustik yang kini mulai terkikis di Papua.

"Sekarang banyak kegiatan musik-musik namun para musisi akustik jarang diberikan ruang, dan ini menjadi tempat untuk mereka," jelasnya.

Kata Sirami, Folk Song nantinya akan mempertunjukkan lagu-lagu daerah. Dan cara inilah untuk melestarikan budaya yang ada di Papua. Lagu wajib dari legendaris Papaua Mambesak.

"Tujuan agar budaya dan bahasa Ibu tidak hilang ditelan waktu," bebernya.

Lomba lagu daerah ini sendiri, para peserta sudah mencapai 31 peserta dari berbagai daerah. Hadianya berupa uang dan piagam penhargaan.

"Jadwal sebenarnya 2 hari namun kami akan kompres waktu sehingga terselenggarakan hanya sehari saja," jelasnya.

Lomba Folk Song, sendiri dia berharap bisa kembali membangun semangat bagi para musisi akustikakustik terutama bagi para seniman yang memiliki sanggar.

"Semoga dengan diselengarakan kegiatan ini menjadi motivasi para seniman sehingga bisa menjadi lahan pendataan tetap," jelasnya. *