Polda Papua Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 di Jayapura

Simulasi pengamanan Pemilu yang dilakukan personil Brimob Polda Papua/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Polda Papua gelar simulasi pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Rastra Samara SPN Jayapura, Senin (16/10) pagi.

Kegiatan Sispamkota (Simulasi Pengamanan Kota) ini dihadiri Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri didampingi Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, beserta para PJU Polda Papua. Tampak hadir pula Ketua pihak KPU dan Bawaslu serta pewakilan TNI dan Pemerintah Provinsi Papua.

Dikoordinir langsung Karo Ops Polda Papua, Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika, ini merupakan bagian dari latihan pengamanan tahapan Pemilu dalam Operasi Mantab Brata Cartenz 2023-2024 Polda Papua.

Simulasi dilakukan oleh sebanyak 900 personil gabungan TNI dan Polri.

Dalam sambutannya, Kapolda Papua menyatakan pentingnya persiapan untuk pengamanan Pemilu 2024, yang merupakan salah satu momen politik terbesar di Indonesia.

Pemilu dan Pilkada akan digelar serentak pada tahun tersebut, menjadikannya tantangan besar bagi aparat keamanan.

“Polda Papua sebagai sentral pelaksanan pengamanan dengan di backup TNI tentunya sudah harus memiliki langkah-langkah konkrit dalam pengamanan Pemilu 2024, salah satunya pelaksanaan sispamkota,” katanya.

Kapolda menjelaskan, Sispamkota merupakan salah satu rangkaian persiapan untuk pengamanan Pemilu 2024. Melalui latihan ini, pihak kepolisian ingin memastikan kesiapan personel dan sarana prasarana dalam menghadapi situasi apapun dalam rangka Operasi Mantab Brata 2023-2024.

“Jadi dengan simulasi ini artinya kami ingin menunjukkan bahwa Polri, khususnya Polda Papua sudah siap mengamankan Pemilu 2024 dalam situasi apapun,” terangnya.

Polda Papua juga mengundang seluruh pemangku kepentingan untuk bekerjasama dan menjaga sinergi dalam menjaga keamanan dan kelancaran seluruh tahapan Pemilu 2024.

Irjen Pol. Mathius Fakhiri menyatakan harapannya agar Pemilu berjalan aman, lancar, dan damai di Provinsi Papua.

Simulasi pengamanan Sispamkota melibatkan beberapa tahapan, seperti pengalawalan pendirian logistik, pengamanan tahapan calon presiden dan VVIP, pengamanan kampanye, pengamanan tahapan pemungutan suara di TPS.

Lalu pengamanan rapat pleno hasil pemungutan suara di Kantor KPU, pengamanan kota, pengamanan objek vital, penyelamatan anggota calon legislatif, dan penanganan bahan peledak yang dicurigai.



Kapolda berharap bahwa apa yang dilatihkan dalam Sispamkota dapat dijalankan dengan baik sesuai dengan SOP pengamanan untuk setiap tahapan Pemilu 2024.

Ia juga menginstruksikan Karoops untuk memerintahkan jajaran Polres melaksanakan kegiatan serupa, sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing, serta berkoordinasi dengan TNI dan Pemerintah Daerah.

Pendekatan sinergis, kerjasama, dan koordinasi diharapkan dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu 2024, terutama di Provinsi Papua.

“Mari kita siapkan diri untuk menyambut pengamanan tahapan pendaftaran Paslon mulai tanggal 19 Oktober 2023 besok, bersama sama dengan stakeholder terkait supaya Pemilu bisa berjalan aman dan damai khususnya di Tanah Papua,” ajak Kapolda di akhir sambutannya.**