Pj Bupati Tumiran Buka Pelatihan Berhitung Metode Gasing, Semangat Guru dan Siswa Diapresiasi

Pj Bupati Puncak Jaya, H. Tumiran, S.Sos.,M.AP mengenakan tanda peserta kepada perwakilan guru dan siswa yang mengikuti pelatihan berhitung metode gasing/ProkompimPJ

MULIA, wartaplus.com - Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya bekerja sama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya menggelar Pelatihan Berhitung Dengan Metode Gasing (Gampang, Asik, dan Menyenangkan) untuk guru dan siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Puncak Jaya, terhitung mulai 16 Oktober hingga 02 November 2023.

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Puncak Jaya Tumiran, S.Sos,M.AP yang ditandai dengan pengalungan kartu tanda peserta bagi Guru dan anak Sekolah Dasar, bertempat di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Senin (16/10) pagi.

Ketua Panitia Agustinus J. Sattu, SE dalam laporannya menyampaikan, pelatihan ini dalam rangka percepatan pendidikan Sekolah Dasar di Kabupaten Puncak Jaya, melatih Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama wilayah Kabupaten Puncak Jaya untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan mengajar guru, dalam bidang sains dan matematika, dengan menggunakan metode yang gampang, asik dan menyenangkan yang disingkat dengan (Gasing)

Adapun peserta terdiri dari 96 orang yang mengikuti kegiatan tersebut. Peserta berasal dari 64 siswa-siswi, 32 dari masing-masing sekolah terpilih di Kabupaten Puncak Jaya serta 9 orang pemateri.

Dalam sambutannya PJ Bupati Tumiran mengatakan, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya sangat mendukung pelaksanaan metode Gasing ini.

"Jadi guru-guru perlu dilatih dalam metode ini agar mereka juga bisa mengajar anak-anak kita khusus bidang numerasi atau berhitung,” ucapnya.



Pj Bupati mengaku, pelatihan ini bisa terlaksana dan berjalan dengan baik berkat campur tangan Tuhan.

"Sebagaimana intruksi Presiden yang disampaikan melalui, Mendagri Tito Karnavian bahwa Pemerintah Kabupaten diwajibkan untuk melaksanakan pelatihan pandai berhitung dengan metode Gasing," akunya.

Lebih lanjut dikatakan, selama ini belajar merupakan hal yang menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan anak-anak. Berhitung, menghafal rumus, dan berhadapan dengan banyak angka, membuat banyak anak tidak menyukai pelajaran Matematika.

"Metode pembelajaran Gasing merupakan sebuah inovasi unggulan terbaru sehingga sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar di Kabupaten Puncak Jaya” terangnya.

Menutup sambutannya, Pj Bupati Tumiran mengapresiasi semangat dan antusias dari para guru-guru bahkan murid-murid yang mengikuti kegiatan tersebut, pihaknya berharap kegiatan Gasing dapat membangkitkan semangat belajar dari anak-anak. Sehingga melalui metode Gasing membuat anak-anak semakin mencintai pelajaran berhitung.(Adv)