Lima Jenazah KKB Pegunungan Bintang Diserahkan ke Pemda untuk Dimakamkan

Lima jenazah KKB Pegubin dimakamkan di Pekuburan Umum Taplo Oksibil dihadiri pejabat pemda setempat, Selasa (03/10)/Humas DC

OKSIBIL, wartaplus.com - Aparat gabungan TNI Polri dari Satgas Operasi Damai Cartenz 2023, Satgas Pamtas, Polres Pegunungan Bintang dan Kodim Yahukimo berhasil mengevakuasi lima jenazah anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dari Distrik Serambakon dan tiba di RSUD Oksibil pada Selasa (03/10) dini hari.

Adapun lima anggota KKB pimpinan Ananias Ati Mimin ini tewas dalam operasi penyergapan yang dilakukan aparat gabungan pada Sabtu (29/09) dini hari lalu.

Identitas kelima jenazah yaitu Otobius Mimin (Komandan Batalyon Pemerasta), Neas Ati Mimin (Wakil Kepala Bidang Intelijen Kodap), Otto Kasipka, Alex Lepki, dan Tarkus Akmer.

Ka Ops Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani S.Sos, S.I.K, M.H saat dikonfirmasi Selasa (03/10) malam mengatakan, proses evakuasi dari lokasi kejadian berjalan aman dan lancar.

Evakuasi dipimpin Kapolres Pegunungan Bintang Akbp Dafi Bastomi SIK, MIK dan Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf. Tommy Yudistyo S.Sos, M.Han.

Sebanyak kurang lebih 100 personil gabungan dikerahkan dalam proses evakuasi ini.

Dijelaskan Faizal, setelah jenazah tiba di RSUD Oksibil, selanjutnya dilakukan proses identifikasi lanjutan.

"Sudah dievakuasi semua (Jenazah KKB), dipimpin langsung Kapolres dan Dandim. Prosesnya berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Kasatgas Humas Damai Cartenz Akbp Dr. Bayu Suseno SH.S.IK, MH dalam rilis tertulisnya menyatakan, setelah dilakukan proses identifikasi lanjutan, selanjutnya kelima jenazah diserahkan ke pemerintah daerah mewakili keluarga untuk dimakamkan.

"Sekira pukul 3 sore, lima jenazah sudah dimakamkan di pekuburan umum Oplo di Oksibil. Sebelumnya, dilakukan penyerahan jenazah kepada pemerintah daerah yang dalam hal ini diwakili Plt Sekda Pegubin, Jenni Linthin. Untuk ibadah pemakaman dipimpin Pdt. Anselmus Taplo yang kesehariannya menjabat sebagai Ketua FKUB kabupaten Pegunungan Bintang," jelas  Bayu.