Aparat Gabungan Berhasil Lumpuhkan 4 Anggota KKB dan Sita 2 Senpi di Pegunungan Bintang

Ka Ops Damai Cartenz, Kombes Pol Faizal Ramadhani memimpin operasi penyergapan anggota KKB Pegubin/Humas DC

OKSIBIL, wartaplus.com - Aparat gabungan TNI Polri berhasil melumpuhkan 4 orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan berhasil menyita dua pucuk senjata api dalam operasi penyergapan yang dilakukan pada Sabtu (30/09) dini hari di wilayah Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

Operasi penyergapan dipimpin langsung Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani. Ini merupakan raihan prestasi yang kembali diukir Satgas Ops Damai Cartenz dalam upaya penegakan hukum terhadap KKB Papua

"Ya benar, kami telah berhasil melumpuhkan 4 anggota KKB di daerah Pegunungan Bintang. Info dari lapangan bahwa terdapat 2 senjata api yang berhasil kami sita, yaitu 2 senjata laras panjang," ungkap Faizal saat dikonfirmasi via telepon, sabtu pagi.

Secara terpisah, Kasatgas Humas  Operasi Damai Cartenz 2023 AKBP Dr Bayu Suseno mengaku hingga berita ini diturunkan, jenazah keempat anggota KKB masih dalam proses evakuasi dari lokasi kejadian.

"Mohon bersabar ya rekan rekan, saat ini pasukan di lapangan masih melakukan pembersihan di TKP, mengidentifikasi identitasnya dan nanti apabila memungkinkan jenazahnya akan diturunkan dari pegunungan,"  kata Bayu.

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Dafi Bastoni, SIK, MIK menjelaskan bahwa dalam kegiatan penegakan hukum yang dilakukan di Pegunungan Bintang ini melibatkan berbagai pasukan TNI Polri antara lain dari Satgas Gakkum yaitu Tim Delta, Brimob Resimen III, Kopasus yaitu Satgas Nanggala, Brimob Sulawesi Utara, Batalyon 310/KK yaitu Satgas Pamtas dan dari Polres Pegunungan Bintang.

"Keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama yg baik antara TNI Polri yg tergabung dalam Satgas Damai Cartenz maupun Satgas Pamtas yg sudah ada disini," ujar Kapolres.**