Makin Brutal, KKB Tembak Tiga Orang Warga di Pegunungan Bintang

Korban kelompok kriminal bersenjata/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Usai terlibat kontak tembak dengan personil Satgas Damai Cartenz yang menyebabkan satu anggota brimob atas nama Briptu Agung gugur, Kelompok Kriminal Bersenjata melanjutkan aksi kejahatan dengan membakar sejumlah kios dan menyerang warga sipil di Kampung Okpol, Distrik Oksibil, Pegunungan Bintang pada Senin (18/09/2023) sore.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno, mengungkapkan, penyerangan terhadap warga sipil ini terjadi pada Senin sore sekitar pukul 16.00 WIT. Kedua korban ditembak dari luar rumah oleh kelompok bersenjata.

Akibat penembakan itu, kedua korban yakni Regina Bitdana (50) dan Jonas Kalakmabin (35) mengalami luka tembak pada bagian kaki sehingga keduanya langsung dievakuasi ke RSUD Oksibil untuk penanganan medis.

“Saat itu kedua korban sementara berada di dapur untuk menyiapkan makan malam, tiba-tiba terdengar bunyi tembakan dan mengenai kedua korban. Korban Regina Bitdana mengalami luka tembak diatas pergelangan kaki sebelah kiri, sementara Jonas Kalakmabin mengalami luka tembak pada mata kaki sebelah kiri,”bebernya.

Kedua korban pun langsung dievakuasi ke RSUD Oksibil untuk penanganan medis. “ Kedua korban sudah dalam penanganan medis dan saat ini masih dalam keadaan sadar,”ungkapnya.

Pada malam hari, seorang anggota Satpol PP atas nama Simon Petrus Sroyer (35) juga diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di jalan Yapimakot, Oksibil. Korban dihadang dan ditembak saat perjalanan menuju ke kantor.

“Kejadian terjadi saat korban dalam perjalanan ke kantor menggunakan sepeda motor. Ia dihadang oleh KKB yang berjumlah 5 orang dengan memegang senjata api laras panjang,” ujar Kasatgas Humas Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno.

"Korban ditembak pada bagian kepala, namun saat itu korban masih menggunakan helm sehingga berhasil selamat. Terdapat lubang bekas tembakan pada helm yang digunakan korban,” terangya.

Setelah ditembaki, korban langsung melarikan diri menuju pos jaga di area Gereja Bethel Indonesia (GBI) untuk melaporkan kejadian tersebut kepada anggota TNI-POLRI yang sementara melaksanakan pengamanan.

“Korban juga mengalami luka sobek pada bagian perut sebelah kanan akibat sabetan benda tajam sehingga korban langsung dievakuasi ke RSUD Oksibil untuk mendapatkan penanganan medis,” tandasnya.

Sebelumnya, Kelompok kriminal bersenjata menyerang personil Satgas Damai Cartenz yang sementara berpatroli di Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang pada Senin siang sekitar pukul 11.00 WIT. Personil Satgas Damai Cartenz dihadang dan ditembaki sehingga terjadi kontak tembak kurang lebih satu jam.  Dalam kontak tembak tersebut, satu anggota brimob atas nama Briptu Agung mengalami luka tembak pada bahu kanan yang menyebabkan korban meninggal dunia di lokasi kejadian. (**)