Digelar Sejak Mei, Pelatihan Kepemimpinan dan Pengawas Angkatan 1 Puncak Jaya Resmi Ditutup

Pj Bupati Puncak Jaya melepas tanda nama peserta sebagai simbol selesainya kegiatan pelatihan/ProkompimPJ

MULIA, wartaplus.com - PJ Bupati Puncak Jaya Tumiran, S.Sos, M.AP menutup secara resmi Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dan Pengawas angkatan I Kabupaten Puncak Jaya yang telah berlangsung sejak 22 Mei 2023 lalu. Acara penutupan berlangsung di Aula Sasana Kaonak kantor Bupati, Kamis (31/08) pagi.

Hadir dalam kegiatan penutupan, jajaran Forkopimda Puncak Jaya, para Staf Ahli, Asisten pimpinan OPD serta perwakilan stake holder.

Setelah sukses menyelesaikan ujian seminar akhir pada tanggal 30 Agustus 2023, yang diikuti oleh 39 peserta PKP angkatan I. Peserta diharapkan dapat mengimplementasikan apa yang telah didapat selama pelatihan dan bisa menjadi agen perubahan pada instansi masing-masing.

Dalam laporannya, Kepala BKPPD Christomus Barguna, SE. M.Si  menyampaikan, kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 40 peserta dari 32 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta 2 orang dari Distruk Ilu dan Irimuli.

“Setelah pelatihan berjalan kurang lebih 1 minggu, ada satu peserta yang tidak dapat melanjutkan karena mengalami gangguan kesehatan, sehingga peserta yang mengikuti pelatihan kepemimpinan pengawas sampai penutupan hari ini berjumlah 39 orang” bebernya.

Pihaknya berharap bahwa kegiatan kompetensi ASN, tetap dapat dilaksanakan dari tahun ke tahun, demi perbaikan pengembangan kemampuan kompetensi aparatur di daerah ini sehingga hal itu tidak membuat daerah Kabupaten Puncak Jaya kalah dengan daerah-daerah lain.

Pada kesempatan itu, PJ Bupati Tumiran dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan membekali para peserta dengan kompetensi jabatan pengawas, baik wawasan, pola pikir, sikap, keahlian, kemampuan untuk menyelesaikan masalah serta adanya gagasan dan inovasi.

"Maka dengan telah selesainya para peserta mengikuti pelatihan ini, maka diharapkan peserta telah memiliki kompetensi yang telah dibutuhkan dalam jabatan pengawas” ucap Tumiran.

Ia menekankan, para peserta yang diberikan tugas untuk menyelesaikan tugas dan pendidikan untuk tidak menyia nyiakan ilmu yang telah diperoleh.

"Kalian telah sukses menyelesaikan, untuk itu jangan sia-siakan ilmu yang telah diperoleh. Anda harus mengimplementasikan apa yang telah didapat selama pelatihan dan bisa menjadi agen perubahan yang memberikan warna baru dalam instansi masing-masing sehingga dapat meningkatkan kinerja masing-masing” tekannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Diklat Teknis dan Fungsional BPSDM Provinsi Papua Emanuel Korey, S.Sos, M.Si menyampaikan ucapan selamat kepada Pemda Puncak Jaya atas terselenggaranya kegiatan pelatihan kepemimpinan pengawas.

"Kami dari BPSDM Provinsi Papua mewakili Pemerintah Provinsi Papua mengucapkan terima kasih untuk Pemda Puncak Jaya yang telah berkerja sama dengan Pemerintah Provinsi Papua dan kami di BPSDM Provinsi Papua sebagai lembaga pembina akan selalu mendukung dan berkerja sama untuk pengembangan kompetensi ASN di tanah Papua” ucapnya.(Adv)