Peringati HLH se-Dunia

Dinas LHP Papua Barat Ajak Mama-mama Papua di Manokwari Bersihkan Sampah di Jalan

Kepala Dinas LHP Provinsi Papua Barat, Rudolof E. Rumbino, langsung turun bersama panitia ke lingkungan masyarakat dan mengajak mama-mama Papua ini untuk membersihkan jalan sepanjang kota Manokwari/Albert

MANOKWARI,- Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Provinsi Papua Barat menggandeng dan sekaligus mengajak mama-mama Papua peduli sampah di daerah Manokwari untuk membersihkan sampah di lingkungan jalan sekitar kota Manokwari, Sabtu (2/6) pagi, sekaligus mereka diajak merayakan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia.

Ajakan itu merupakan inisiatif oleh Kepala Dinas LHP Provinsi Papua Barat, Rudolof E. Rumbino, yang langsung turun bersama panitia ke lingkungan masyarakat dan mengajak mama-mama Papua ini untuk membersihkan jalan sepanjang kota Manokwari mulai star dari Kampung Ambon dan finish di Wosi Rendani.

Menurut Daniel Leonard Haumahu S.Hut. M.Si, Kabid Penataan dan Penegakan Hukum Lingkungan, DLHP Provinsi Papua Barat, juga diprecayakan menjadi ketua panitia mengatakan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se Dunia yang jatuh tepat pada hari ini, 5 Juni 2018.

Leonard menjelaskan bahwa, mereka tidak koordinasi dengan petugas penyampu jalan, sebab pihaknya tidak bisa mendeteksi mana yang petugas kebersihan jalan, namun panitia melakukannya secara dadakan dengan modal undangan dan langsung ketemu dengan mama-mama Papua di jalan untuk melakukan kebersihan.

Tidak hanya diajak peduli kebersihna lingkungan, namun mereka ini juga diajak untuk hadiri Hari Lingkungan Hidup Se Dunia. Sebab upacara Hari Lingkungan Hidup Se Dunia dilaksanakan di lapangan apel kantor Gubernur Papua Barat dan maka mama-mama Papua ini turut di undang pada upacara tersebut yang akan dipimpin oleh Gubernur Papua Barat.

“Jadi kepala dinas turun langsung ketemu mama-mama Papua penyapu jalan di kota Manowkari dan mendata mereka, bahkan mereka diajak hadiri puncak HLH Se Dunia di Arfai,” kata Leonard di Manokwari, Senin (4/6).

Sebelumnya, kata dia, panitia sudah memutuskan perlombaan pembersihan lingkungan dan lomba daur ulang sampah plastik di kabupaten Manokwari Selatan, namun mengigat waktu yang mepet maka panitia melaksanakan kegiatan bersama mama-mama Papua di dalam Kota Manokwari. *