Puncak Peringatan Hut ke-78 RI di Puncak Jaya Berlangsung Aman dan Penuh Khidmat

Pj Bupati Puncak Jaya, Tumiran menyerahkan bendera merah putih untuk dikibarkan dalam upacara peringatan detik detik proklamasi kemerdekan RI ke-78/ProkompimPJ

MULIA, wartaplus.com - Pelaksanaan upacara Detik detik Proklamasi Hari Kemerdekaan RI ke-78 tahun di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah berlangsung aman dan penuh khidmat.

Upacara yang mengusung tema Nasional “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” digelar di Lapangan Alun - alun Kota Baru, Kamis (17/08) pagi. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Penjabat Bupati Tumiran Tumiran, S.Sos, M.AP.

Dihadiri jajaran Forkopimda Puncak Jaya, unsur pimpinan TNI Polri, Instansi Vertikal, Ormas serta para pelajar.
Sebagai Komandan Upacara Pengibaran Bendera, Letda Inf. I Dewa Gede Adi Wiradarma, sedangkan Perwira Upacara Kapt.Inf Daniel Sine. Adapun Teks Proklamasi dibacakan oleh Wakil Ketua I DPRD Miren Kogoya, Si.Kom.

Ditemui media usai upacara, Pj Bupati menyatakan, rasa nasionalisme Kabupaten Puncak Jaya sangat luar biasa, sehingga diharapkan kedepan, perayaannya bisa lebih meriah.

"Untuk itu di momentum Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI ini, saya mengajak kepada semua masyarakat, untuk sebesar-besarnya berkontribusi pada kemajuan dan keberlanjutan bangsa, melalui kerja keras, kerja cerdas dan karya-karya produktif,” ajaknya.

Di kesempatan itu, Tumiran juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Paskibra yang telah sukses menjalankan tugasnya. Pun dengan segenap jajaran Forkopimda, tokoh dan komunitas masyarakat sipil serta seluruh elemen masyarakat, yang telah berkontribusi dalam pembangunan daerah serta menciptakan suasana kondusif di Kabupaten Puncak Jaya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua I DPRD Miren Kogoya, Si.Kom mengaku sangat bangga dan mengapresiasi seluruh pihak yang telah turut terlibat mensukseskan kegiatan Pengibaran sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Usai melaksanakan upacara pengibara bendera di pagi hari, pada pukul 16.00 WIT, kembali digelar upacara penurunan bendera di Lapangan Alun-alun Kota Baru.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Penurunan Bendera, Dandim 1714/PJ Letkol. Inf. Deny Salurerung, S.Sos, Komandan Upacara Penurunan Danup Ipda E.P Pongtiku,S.Sos dan Perwira AKP Nurdin.**