Kapolda Papua Tekankan Polres Jajaran Antisipasi Gangguan Keamanan Jelang Hut Kemerdekaan

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fachiri/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fachiri menekankan kepada setiap Polres jajaran untuk melakukan antisipasi pengamanan jelang perayaan detik detik Proklamasi Hut Kemerdekaan RI ke-78, terutama di daerah yang rawan gangguan keamanan.

Ini disampaikan Kapolda Fachiri kepada wartawan di Mapolda Papua lama, Kota Jayapura, Senin (14/08) siang.

"Tentunya kami sudah minta untuk mengantisipasi semua kemungkinan adanya aksi gangguan keamanan, yang membuat seolah-olah ada settingan lain atau agenda lain terkait pelaksanaan upacara di semua kabupaten/kota di tanah Papua," tegasnya.

Selain melakukan antisipasi, seluruh Polres jajaran diminta untuk menggelar berbagai kegiatan khas 17-an dengan semeriah mungkin melibatkan masyarakat.

"Saya berharap seluruh Polres jajaran untuk mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan 17-an dan mempersiapkan upacara detik detik proklamasi nantinya," harap Kapolda.

Ia juga berharap semua masyarakat yang ada di wilayah hukum Polda Papua, bisa terlibat dalam kegiatan yang digelar dalam rangka meriahkan Hut kemerdekaan.

"Kita rayakan dengan semeriah mungkin, baik mungkin dalam lomba-lomba yang bertemakan kemerdekaan, termasuk nanti upacara 17-an detik-detik proklamasi di semua kabupaten/kota termasuk kita di provinsi Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan," harapnya lagi.**