Pengurus PWI Papua Diharapkan Bekerjasama dengan Pemerintah Bangun Bumi Cenderawasih

Pelantikan Ketua dan Pengurus PWI Papua periode 2022 - 2027 oleh Ketua PWI Pusat, Atal Depari berlangsung di Swisbell Hotel Jayapura, Senin (10/07)/dok:Dian Mustika

JAYAPURA, wartaplus.com - Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari resmi melantik Ketua dan Anggota Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua periode 2022-2027, berlangsung di Swiss-Belhotel Jayapura, Senin (10/07).

Hans Bisay dipercaya menjadi Ketua PWI Papua. Di kesempatan yang sama, Atal Depari juga melantik tiga Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PWI di tiga provinsi Daerah Otonomi Baru (DOB).

Mereka adalah Jean Bisay sebagai Plt Ketua PWI Papua Pegunungan, lalu Lamberth Palakely menjabat Plt Ketua PWI Papua Tengah, dan Agustinus Kowo sebagai Plt Ketua PWI Papua Selatan.

Acara pelantikan dihadiri langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun bersama perwakilan instansi pemerintahan, TNI Polri, Kejaksaan, lembaga BUMN dan perwakilan PT.Freeport Indonesia.

Kepada wartawan usai pelantikan, Ridwan Rumasukun menekankan agar PWI Papua bisa bersinergi dengan pemerintah untuk memberantas berita bohong atau hoaks.

Menurut Ridwan, insan pers sebagai pilar keempat demokrasi juga berperan sebagai pengawas kebijakan pemerintah daerah. Apalagi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua.

"Saran dan masukan dari pers sebagai pilar keempat terhadap kebijakan pemerintah daerah, karena dinilai sangat berharga untuk modal pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat Papua," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ridwan, insan pers adalah kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. Maka dari itu, peran insan pers dapat berpengaruh sangat besar.

"Peran pers juga sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah," tuturnya.

Oleh karena itu, Ridwan mengajak kepada seluruh insan pers yang ada di Bumi Cenderawasih untuk tetap menjaga kesadaran dan komitmen ini agar dapat meningkatkan mutu jurnalistik di Tanah Papua.

"Kami mengajak PWI bersama seluruh pers di Papua agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen, serta berperan dalam pembangunan bangsa dan negara," ajaknya.

Ketua PWI Pusat, Atal Depari dalam sambutannya mengatakan pelantikan pengurus PWI  Papua dan tiga Plt Ketua Proviinsi DOB sangat penting bagi pemberitaan pembangunan di Tanah Papua

"Karena peran media sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah,” ujarnya.

Oleh karena itu, Atal meminta Ketua dan pengurus yang dilantik agar bisa mengawal proses pembangunan di daerahya masing masing.

“Saya berharap kepengurusan definitif PWI di tiga provinsi baru dapat terbentuk dalam tiga bulan mendatang. Dengan demikian, pers bisa optimal mempublikasikan semua informasi pembangunan yang berjalan,” tekannya.

Sementara itu Ketua PWI Papua, Hans Bisay mengaku tidak ingin terlalu banyak berbicara program yang akan dilakukan.

"Nanti kita langsung bekerja saja, jadi tidak usah terlalu banyak berbicara, tapi kita langsung kerja nyata," ucapnya.**