Plh Gubernur Papua Lepas Kontingen Pornas Korpri XVI yang akan Berlaga di Semarang

Plh Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun menyalami atlet yang akan bertanding di Pornas Korpri Semarang/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Pelaksana harian (Plh) Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun secara resmi melepas Kontingen Korpri Papua yang akan berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri ke XVI di Semarang Jawa Tengah, 13 hingga 27 Juli 2023.

Pelepasan Kontingen yang berjumlah 131  orang ini berlangsung di lapangan kantor Otonom Kotaraja, Kota Jayapura, Sabtu (08/07) sore.

Kepada wartawan Plh. Gubernur Ridwan Rumasukun mengatakan, atlet yang dikirim ini merupakan atlet terbaik Korpri Papua yang telah mengikuti latihan seleksi sejak Maret 2023 lalu.

"Mereka akan berkompetisi dengan semangat kebersamaan, persaudaraan, sebagai sesama keluarga besar Korpri," ujarnya.

Ridwan menjelaskan, Pornas Korpri adalah ajang olahraga yang dilaksanakan secara periodik untuk semangat mendorong olahraga, kesehatan dan kebugaran di kalangan anggota Korpri.

"Kegiatan ini juga menjadi wadah untuk mempererat silaturahmi, menjalin kebersamaan, dan memperkuat solidaritas antara kita sebagai anggota Korpri seluruh Indonesia," jelasnya.

Ridwan berpesan kepada seluruh kontingen untuk menjaga nama baik Provinsi Papua. "Bertanding dengan elegan. Kalah itu bukan soal, menang itu bukan soal, yang penting kebersamaan, bertemu bersilaturahmi dengan seluruh anggota Korpri yang ada di Indonesia," pesannya.

"Tetap semangat dan kalau perginya 131 orang, baliknya uga harus 131 orang," sambung Ridwan.

Plh Sekda yang juga Ketua Korpri Papua, Derek Hegemur menekankan agar mengutamakan sportivitas.

"Kita ini bertanding bersama dalam suatu keluarga besar Korpri. Sehingga bertandiang harus sesuai aturan, tidak usah menciptakan sesuatu atau hal-hal yang merugikan kontingen, tapi juga Korpri pada umumnya," tekannya.

Disinggung soal target medali? Plh Sekda menegaskan tentunya target emas harus diraih. Meski begitu, lanjut ia, terpenting adalah persahabatan dan sportivitas.

"Itu lebih penting. Karena ini pertandingan antar keluarga," tegasnya.

Ketua Kontingen Korpri Papua, dr. Aaron Rumainum menegaskan, untuk persiapan atlet dan lainnya sudah 100 persen.

"Tanggal 10 sudah ada yang akan berangkat duluan, dan sisanya tanggal 11. Karena mereka latihan sudah cukup lama dari 27 maret hingga 4 juli 2023," tukasnya.

Bahkan beberapa atlet sudah mengikuti turnamen dan meraih juara. "Seperti turnamen volly Bhayangkara juara 3 putri, dan ganda putra juara 2. Kita juga punya peluang raih juara di cabor futsal dan basket.

"Kami tetap optimis. Kebersamaan sportifitas, juara itu cuma efek samping," pungkas Aaron.**