Sebagai Inisiator RM Papeda, Kombes Pol Victor Mackbon Raih Penghargaan Kapolri

Kapolresta Jayapura Kombes Pol Victor Mackbon/Humas Polresta Jyp

JAYAPURA, wartaplus.com - Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si menerima penghargaan Kapolri di Hari Bhayangkara ke- 77 tahun 2023.

Acara penerimaan penghargaan berlangsung di sela kegiatan Musrenbang Polri Tahun 2023, di Bali Nusa Convention Center Benoa, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Kamis (06/07).

Kombes Victor Mackbon sebagai salah satu penerima penghargaan Kapolri atas inovasi yang dilakukannnya, dimana masuk dalam 5 Inovasi Top Terpuji (Outstanding Achievement of Public Service Innovation).

Adapun inovasi yang digagas Kombes Pol Victor Mackbon yaitu sebagai penggagas program pelayanan publik RM.PAPEDA (Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai) saat menjabat Kapolres Jayapura pada 2020 lalu.

Inovasi yang dilakukannya tersebut sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura dan berhasil masuk Top 5 pada kompetisi Inovasi Pelayanan Publik sesuai Keputusan Menteri PAN-RB No.289/2022 tentang Top Inivasi Pelayanan Publik KIPP di lingkungan Kementerian / Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD Tahun 2022.

Sederet Prestasi

Putra asal Kabupaten Biak Numfor ini memang memiliki sederet prestasi membanggakan. Bahkan belum lama ini, ia menjadi Komandan Upacara pada Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 pada 1 Juli 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Victor Mackbon mengucap puji dan syukur kepada Tuhan atas raihan prestasi disepanjang perjalanan kariernya hingga kini.

Ia pun menuturkan dengan inovasi pelayanan publik yang diprogramkannya, dapat menjadikan atau memotivasi Kepolisian di jajaran Polda Papua bisa maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Papua.

"Kiranya dengan inovasi RM PAPEDA, Polri di jajaran Polda Papua bisa jadi lebih maksimal dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Papua," ucapnya.

Lebih lanjut mantan Wadir Reskrimsus Polda Papua ini juga mengharapkan, tentunya dari setiap hasil pelaksanaan tugas dalam memberikan pelayanan dapat terus lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan dibuatkan Pelayanan Publik di bidang Kepolisian.

"Jajaran Polda paling timur Indonesia harus bisa menjadi contoh untuk personel-personel Polri di Polda lain. dengan Inovasi yang telah dibuat serta bermanfaat untuk masyarakat luas kiranya bisa terus berkembang dan tidak boleh berhenti dengan masing-masing Kepemimpinan," pungkas ia.**