Grebek Markas KKB Yapen, Aparat Gabungan Sita Senpi Rakitan dan Bendera BK

Barang bukti yang disita aparat gabungan dari markas KKB di Kampung Ambaidiru, Kepulauan Yapen/Humas DC 2023

SERUI, wartaplus.com - Aparat Gabungan Satgas Ops Damai Damai Cartez dan Polres Kepulauan Yapen menggrebek sebuah rumah yang diduga sebagai markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Kepulauan Yapen di Kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Jumat (16/06).

Dalam penggrebekan tersebut, aparat menemukan satu pucuk senjata api rakitan berbahan kayu, parang, rompi loreng, bendera bintang kejora dan barang bukti lainnya.

Plh. Waka Ops Damai Cartenz, Kombes Pol. Joko Sulistio, S.I.K., M.H., saat di wawancarai mengatakan, penggrebekan itu dalam rangka penindakan dan penegakan hukum terhadap KKB yang mana diketahui pada 29 Mei lalu, telah melakukan tindakan kriminal dengan membakar alat berat (ekscavator) dan mengibarkan bendera Bintang Kejora di Kampung Woda, Distrik Rainbawi.

“Penggrebekan markas KKB di kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo ini, kami berhasil menemukan dan menyita senjata api rakitan dan puluhan barang bukti lainnya,” ungkap Joko.

Ia menjelaskan, saat penggrebekan tidak ada warga yang diamankan, dan untuk barang bukti yang telah disita sudah diserahkan kepada penyidik Polres Kepulauan Yapen untuk dilakukan peyelidikan dan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, lanjut Joko, situasi keamanan di Kabupaten Kepulauan Yapen saat ini secara umum aman dan kondusif. Meski begitu, aparat keamanan dalam hal ini satgas Ops Damai Cartenz dan Polres Kepulauan Yapen masih terus meningkatakan patroli, guna mencegah timbulnya gangguan-gangguan dari KKB yang dapat terdampak kepada aktivitas masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen.**