DPT Kabupaten Jayapura Untuk Pemilu 2024 Diprediksi Bertambah 4.000 Orang

Ketua KPU Kabupaten Jayapura, Daniel Mebri/Andy

SENTANI, wartaplus.com – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Jayapura diprediksi akan bertambah sekitar 4.000-an orang. Jumlah ini meningkat dibanding Pemilu tahun 2019 lalu.

Ketua KPU Kabupaten Jayapura, Daniel Mebri menyebut, jumlah ini bertambah berdasarkan hasil penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dilakukan oleh KPU pada awal Juni lalu.

“Untuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) kami sudah lakukan pleno dan ditetapkan sekitar 130 ribu lebih orang,” katanya saat ditemui wartawan di Sentani, Kabupaten Jayapura pada Rabu (14/06) malam.
Meski begitu, Daniel mengaku, jumlah ini bisa bertambah karena saat ini masih menunggu tanggapan masyarakat sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada tanggal 20 Juni mendatang.
“Sementara masih dilakukan tanggapan dari masyarakat dari tanggal 6-19 Juni, jadi kalau ada warga yang belum masuk maka bisa diakomodir menggunakan KTP dan Kartu Keluarga (KK) sebelum penetapan DPT tanggal 20 Juni nanti. Jadi jumlah ini (DPS) bisa saja bertambah dari hasil tanggapan masyarakat yang sementara dilakukan,” jelasnya.

Dengan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang mencapai 130 ribu lebih orang, Daniel memprediksi bahwa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Jayapura juga akan bertambah.

“Kalau dilihat dari jumlah DPS, bisa dipastikan bahwa jumlah DPT kita akan bertambah disbanding tahun 2019 lalu yang berjumlah 126.246 orang. Artinya akan ada penambahan sekitar 4.000an orang,” tandasnya.**