Dukung Peningkatan SDM, BI Papua Berikan Beasiswa di 4 Perguruan Tinggi Papua

Foto bersama Kepala Perwakilan BI Papua, Plh Asisten Sekda Papua dan para penerima beasiswa/Humas BI

JAYAPURA, wartaplus.com - Dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di Papua, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua menyelenggarakan acara “Jumpa Perdana GenBI Papua”, yaitu penyerahan Beasiswa Bank Indonesia di Provinsi Papua, pada Jumat (12/05) di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua. 

Kegiatan dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah Provinsi Papua, Pimpinan Universitas, dan 200 mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dari 4 (empat) Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Cenderawasih, Universitas Ottow Geissler Papua, IAIN Fattahul Muluk Papua, dan Universitas Sains dan Teknologi Jayapura. 

Beasiswa Bank Indonesia merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia dimana penerima beasiswa tidak hanya memperoleh dana untuk biaya pendidikan dan biaya hidup, tapi juga akan tergabung dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan memperoleh berbagai program pengembangan hardskill dan softskill.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Juli Budi Winantya dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Indonesia, termasuk Papua sedang mengalami bonus demografi dimana mayoritas jumlah penduduk didominasi oleh penduduk usia produktif. 

"Kondisi ini harus dimanfaatkan dengan menciptakan SDM yang unggul sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang tinggi, inklusif, dan berkelanjutan," katanya. 

Budi mengungkap, untuk menjawab tantangan tersebut, Bank Indonesia Papua hadir dan memberikan beasiswa setiap tahunnya kepada para mahasiswa sebagai wujud kontribusi dalam menciptakan SDM unggul.

Pilar Genbi

Di samping itu, penerima beasiswa Bank Indonesia diharapkan mampu menjadi 3 pilar GenBI, yaitu (1) Frontliners atau garda terdepan dalam mengomunikasikan kebijakan Bank Indonesia kepada mahasiswa dan masyarakat umum, (2) Change Agents atau agen perubahan dengan cara menjadi role model atau teladan di kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat, dan (3) Future Leaders atau menjadi pemimpin masa depan di berbagai bidang dan tingkatan.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Suzana D. Wanggai, S.Pd, M.Soc.Sc memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang tidak hanya berkontribusi dalam sektor perekonomian, tapi juga sektor pendidikan melalui program beasiswa. 

"Hal ini turut mendukung kemajuan Provinsi Papua mengingat pendidikan merupakan aspek penting dalam mempersiapkan SDM yang unggul dan maju untuk terus berinovasi bagi kemajuan daerah," kata Susi.

Mewakili keempat perguruan tinggi penerima beasiswa Bank Indonesia, Pembantu Rektor III Universitas Cenderawasih, Dr. Jonathan Kiwasi Wororomi, S.Si., M.Si. turut mengapresiasi upaya dan dukungan yang diberikan Bank Indonesia dalam bentuk beasiswa. 

Jonathan mengingatkan seluruh mahasiswa untuk menggunakan bantuan beasiswa Bank Indonesia dalam rangka mendukung studi yang sedang ditempuh. Selain itu, mahasiswa juga harus memanfaatkan program pengembangan yang akan diberikan Bank Indonesia sehingga siap untuk menjadi pemimpin di masa depan.

Dalam acara ini juga dilakukan kegiatan Edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah, dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kepada para mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia untuk mendukung perannya sebagai Frontliners Bank Indonesia.**