Terlibat Sejumlah Aksi Kejahatan, Anggota KKB Puncak Yamison Murib Ditangkap

YM, Anggota KKB Puncak yang ditangkap tim gabungan TNI Polri/istimewa

TIMIKA, wartaplus.com - Tim gabungan TNI-Polri berhasil menangkap satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak berinisial B alias YM (Yamison Murib, red), pada Rabu, (05/04/2023).

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan, penangkapan terhadap YM berawal dari laporan masyarakat terkait dengan adanya keberadaan anggota KKB tersebut sehingga ditindak lanjuti oleh petugas dan dilakukan penangkapan.

“YM merupakan anak buah dari KKB Puncak pimpinan Numbuk Telenggen dan Pilanus Walker," kata Kombes Faizal dalam keterangan tertulis yang diterima Wartaplus.com pada Jumat (07/04) pagi. 

Faizal menyebut, anggota KKB B alias YM ini juga terlibat dalam beberapa aksi yang menimbulkan korban jiwa dari masyarakat sipil maupun aparat TNI-Polri. Diantaranya, terlibat dalam aksi penembakan terhadap tukang ojek atas nama Udin yang meninggal dunia pada 14 April 2021 di Kampung Eromaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak. Kemudian terlibat pembakaran Tower BTS pada 3 Januari 2021.

"Kemudian yang bersangkutan ini terlibat pembakaran Helicopter UP MI815 milik PT. Ersa di Bandara Aminggaru pada 11 April 2021 dan Penembakan terhadap anggota Ops Nemangkawi pada tahun 2021 lalu di Kampung Olenki," beber Faizal.

Saat ini, YM sementara diamankan di Polres Puncak, untuk dilakukan pemeriksaan oleh penyidik.**