Dengan Pengawalan Ketat, Buronan KPK Ricky Ham Pagawak Diterbangkan ke Jakarta

Ricky Ham Pagawak diterbangkan ke Jakarta pagi ini/Istimewa

SENTANI,wartaplus.com - Satu malam diinapkan di Mako Brimob Polda Papua, buronan KPK Ricky Ham Pagawak diterbangkan ke Jakarta melalui Bandara Sentani pada Senin (20/02/2023) pagi.

Bupati Mamberamo Tengah non aktif itu dibawa dari Mako Brimob Polda Papua dengan pengawalan ketat personil brimob dan tiba di Base Ops Lanud Silas Papare sekitar pukul 07.50 WIT.

Ricky Ham Pagawak kemudian diterbangkan menggunakan pesawat Garuda GA 657 tujuan Jakarta pukul 08.45 WIT.

Untuk mengantisipasi gangguan keamanan dari massa pendukung, maka Polres Jayapura menyiagakan ratusan personil sekitar Bandara Sentani.

" Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka kami menyiagakan sekitar 150 personil di lima titik sekitar Bandara Sentani," kata Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus Maclarimboen ketika ditemui wartawan di Mapolsek Bandara Sentani pada Senin pagi.

Kapolres mengaku pengamanan berjalan aman dan kondusif dan tidak terlihat adanya gangguan dari simpatisan maupun pendukung Ricky Ham Pagawak. 

" Kita bersyukur pengamanan berjalan dengan baik, yang bersangkutan sudah diterbangkan menuju ke Jakarta," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Mamberamo Tengah non aktif Ricky Ham Pagawak ditangkap penyidik KPK di Kehiran Sentani pada Minggu (19/02/2022) sore sekitar pukul 16.30 WIT  dan langsung diamankan ke Mako Brimob Polda Papua untuk diperiksa.

Ricky Ham Pagawak diketahui menerima suap sebesar Rp 24,5 milliar dari sejumlah proyek pembangunan di Kabupaten Mamberamo Tengah tahun 2013-2019.

Namun setelah ditetapkan sebagai tersangka, Ricky Ham Pagawak kabur ke Papua New Guinea dan menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) KPK sejak 15 Juli 2022. *