Pengakuan Egianus Kogoya Sandera Kapten Philip: Bukan Soal Uang Tebusan, Tapi..

Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens bersama Egianus Kogoya dan Kelompoknya/dok:Jubir TPNPB-OPM Sebby Sambom

MIMIKA, wartaplus.com - Juru Bicara TPNPB -OPM, Sebby Sambom pada Selasa  (14/02) malam, merilis foto dan video yang membenarkan jika saat ini Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens sedang bersama Egianus Kogoya dan kelompoknya.

Dalam video tersebut, Egianus Kogoya sebagai pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Ndugama terlihat berada di pesawat Susi Air yang dipiloti Kapten Philip saat peristiwa pembakaran di lapangan terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Tengah, pada Selasa, 7 Februari 2023 lalu.

Tampak Egianus memberikan pernyataan saat duduk di kemudi pilot pesawat dengan nomor registrasi PK-BVY tersebut. Juga terlihat foto, saat bagian dalam pesawat terbakar, dimana Egianus bersama Kapten Philip berdiri disamping pesawat.

Dari beberapa video yang beredar tampak Kapten Philip menggunakan pakaian yang berbeda beda dan mengenakan topi rimba. Pilot berkewarganegaraan Selandia Baru tersebut juga terlihat akrab dengan Egianus dan kelompoknya.

Saat memberikan pernyataan, Kapten Philip dan Egianus didampingi sejumlah anggota KKB yang membawa senjata api laras panjang, dan juga membawa senjata tradisional seperti panah dan parang, ada juga bendera bintang kejora dibentangkan di belakangnya.

Egianus Kogoya dikemudi pesawat Susi Air

Ancam Tembak Pilot

Dalam video tersebut, secara tegas Egianus menyatakan menyandera Kapten Philip bukan karena kepentingan materi, kepentingan politik melainkan untuk kemerdekaan bangsa Papua.

Bahkan pemuda yang dikenal publik setelah membantai puluhan pekerja jalan Trans Papua pada 2019 silam itu, mengancam akan menembak Kapten Philip jika aparat TNI-Polri melakukan pengejaran terhadap.

"TNI-Polri jangan mengejar kami, kalau kejar pilot kami tembak," ancamnya.

Ia juga menegaskan tidak akan melepas pilot, jika tuntutannya belum terpenuhi.

Egianus juga menyatakan akan membawa pilot berkeliling ke 32 Distrik yang ada di Nduga untuk menghindari kejaran aparat keamanan.

Sementara itu, Kapten Philip dalam video menyampaikan bahwa dirinya telah ditangkap oleh kelompok Egianus.

"OPM tangkap saya," singkatnya dengan nada pelan sambil terlihat berkomunikasi dengan Egianus yang berada disampinginya.

Irjen Pol Mathius Fachiri

Kapolda: Video Lama

Menanggapi video yang beredar tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fachiri mengatakan video tersebut diambil saat awal pembakaran pesawat dan saat Kapten Philip sudah bersama mereka.

"Itu kejadian awal, pembakaran dan pergeseran awal yang diupload ulang Sebby Sambom, itu semua video lama," kata Kapolda kepada wartawan di Mimika, Selasa (14/02/2023) malam.

Secara tegas Kapolda menyatakan, video dan foto yang tersebar itu tidak akan berdampak  pada upaya pencarian yang dilakukan aparat keamanan TNI Polri.

"Proses pencarian Kapten Philip saat ini menjadi hal yang sangat penting disamping upaya pendekatan melalui tokoh-tokoh masyarakat dan agama," tukasnya.

"Kita berusaha maksimal untuk mengetahui titik dari pada pilot tersebut," tegas Kapolda.**