Pangkogabwilhan III Bertemu Diplomat Selandia Baru Bahas Pencarian Pilot Susi Air

Foto bersama Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr (Han) bersama Diplomat New Zealand dan Staf Kemenlu RI/dok:Pendam17

TIMIKA, wartaplus.com - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr (Han) melakukan pertemuan dengan Diplomatik Selandia Baru yang didampingi Staf Kementerian Luar Negeri RI, di salah satu hotel Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (13/02).

Diplomat New Zealand Mr. Brendan Andrew Stanbury selaku Deputy Head (Misi Diplomatik Selandia Baru untuk Asean), Mr. Patrick John Fitzgibbon selaku Sekretaris II (Politik) Kedutaan Besar Selandia Baru dan Mr Alexander Mcsporran selaku Sekretaris II Kedutaan Besar Selandia Baru, beserta  Staf Menlu RI Bapak Dionisius Elvan Swasono dan Nicolas Hendrik Theodorus. 

Dalam pertemuan tersebut membahas terkait perkembangan pencarian terhadap pilot pesawat Susi Air, Capt. Phillip Mark Mehrten yang disandera Kelompok Separatis Teroris )KST) pada Selasa (07/02) lalu di Distrik Paro, Kabupaten Nduga.

Berkaitan dengan itu, Diplomat NZ juga meninjau kesiapan jalur evakuasi pilot nantinya ke Rumah Sakit di Kabupaten Mimika.

Dalam pertemuan, Diplomat New Zealand menawarkan bantuan apabila ada yang diperlukan saat melakukan pencarian dan evakuasi Pilot Susi Air yang saat ini sedang dalam pencarian oleh Aparat Gabungan TNI Polri. Sekaligus menyampaikan harapannya Pilot Capt. Philip Mark Mehrtens dapat ditemukan dalam keadaan aman dan selamat.

Sementara itu, Pangkogabwilhan III dalam kesempatannya meminta dukungan Internasional untuk membicarakan kepada Komisionir Tinggi Dewan HAM Internasional terkait masalah ini.**