Tukang Bangunan Temukan Granat Aktif Peninggalan PD II

Tim Jibom Brimob Polda Papua saat mengevakuasi granat nanas bekas peninggalan PD II/istimewa

JAYAPURA,- Hendak melakukan penggalian  untuk pembangunan pondasi pagar,  seorang pekerja bangunan dikejutkan dengan temuan sebuah granat nanas aktif bekas peninggalan Perang Dunia II, di Galangan Kapal Bengkel dan Dermaga Khusus Kenavigasiaan Jalan Sulawesi Dok IV Distrik Jayapura Utara,  Selasa (29/5) pagi.

Dari keterangan saksi mata, Lukas Leko menuturkan, penemuan tersebut ketika dirinya sedang bekerja  menggali tanah,  namun ketika itu ia kaget menemukan sebuah benda yang berbentuk granat nanas. Ia melaporkan hal tersebut kepada warga lainnya dan kemudian melaporkan kepada pihak kepolisian.

Kapolsek Jayapura Utara AKP Robert Awek ketika dikonfirmasi mengungkapkan setelah menerima laporan masyarakat atas temuan Geranat bekas peninggalan Perang Dunia II, pihaknya langsung berkoordinasi dengan tim penjinak bom dari Brimob Polda Papua.

"Setelah kami pastikan ternyata benar itu granat aktif bekas peninggalan PD II, dan kami menghubungi tim jibom Polda Papua untuk melakukan evakuasi, " ungkapnya Selasa (29/5) siang.

Kata Awek, tim Jibom yang dipimpin Iptu Selamet Mulyono berhasil mengevakuasi granat tersebut dan selanjutnya mengamankan di Mako Brimob Polda Papua. 

"Setelah dievakuasi tim langsung mengamankan granat itu ke Mako Brimob dan situasi berjalan aman dan terkendali," ungkapnya. *