KKB Bocor Sobolim Bakar Kamp Pertambangan dan Bunuh Seorang Pekerja di Pegubin

Jenazah pekerja tambang, Romo Naldus Tuenoa saat dievakuasi menggunakan helikopter dari lokasi tambang/dok:Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Bocor Sobolim asal Yahukimo ditengarai telah melakukan penyerangan penyerangan dan pembakaran kamp pertambangan emas (camp mining) 81 di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu (05/11/2022) sekira pukul 18.00 WIT.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H saat dihubungi wartawan, Minggu (06/11/2022) membenarkan kejadian tersebut.

“Tadi malam sekira pukul 18.00 WIT, kami mendapat laporan bahwa telah terjadi penyerangan dan pembakaran oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di Kampung Kawe Kabupaten Pegunungan Bintang,”  kata Kamal.

Ia menjelaskan, pelaku adalah kelompok Bocor Sobolim dari Yahukimo yang mana lokasi kejadian bersebelahan dengan lokasi sebelumnya yang mana salah satu pekerja dipenggal kepalanya.

“Pelaku yang melakukan pembakaran tersebut adalah kelompok Bocor Sobolim dari Yahukimo, dan lokasi TKP bersebelahan dengan TKP sebelumnya yang mana salah satu penambang dipenggal kepalanya,” ungkap Kombes Kamal.

Dari peristiwa tersebut, sebut Kamal, seorang pekerja bernama Rolmo Aldus Tuenoa (29) tewas dengan luka sabetan sajam di pergelangan tangan hingga putus menyebabkan korban kehabisan darah dan akhirnya meninggal dunia.

Sementara untuk korban meninggal dunia, kata Kamal, saat ini sudah di evakuasi ke Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel.

"Saat ini korban dan saksi-saksi di evakuasi ke Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel, selanjutnya para saksi akan dimintai keterangan," terangnya.

Kabid Humas menambahkan, saat ini situasi di Kabupaten Pegunungan Bintang relatif aman dan kondusif.

“Situasi di Kampung Kawe Kabupaten Pegunungan Bintang relatif aman dan kondusif, personel gabungan terus meningkatkan penjagaan dan patroli,” tandas Kamal.**