Pemindahan Anggota KKB si 'Leher Bolong' dari Yahukimo ke Wamena Dikawal Ketat Polisi

Yentinus Kogoya saat hendak diturunkan dari pesawat di bandara Wamena, Rabu (02/11) siang/dok:Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Salah satu Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Yahukimo, Yentinus Kogoya alias si Leher Bolong yang ditangkap di Dekai, Senin (31/10) lalu, akhirnya diterbangkan ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Rabu (02/11).

Yentinus merupakan DPO Narapidana kasus kepemilikan amunisi, yang sebelumnya kabur dari Lapas Wamena.

Pemindahan Yentinus mendapat pengawalan ketat anggota Satgas Ops Damai Cartenz yang dipimpin Iptu Hendra Wahyudi. Tersangka yang sempat dilumpuhkan timah panas karena melawan saat hendak ditangkap, diterbangkan dari Dekai menuju Wamena menggunakan Pesawat Trigana Air PK- YSP.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, SH saat dikonfirmasi mengatakan tersangka tiba dibandara di Wamena dengan aman dan lancar. Selanjutnya, ia langsung dibawa menuju Lapas kelas II B Wamena.

"Kita serahkan DPO Napi ini ke Lapas kelas II B Wamena untuk menjalani proses hukum yang seharusnya ia Jalani," ungkap Kombes Kamal.

Ia menjelaskan, Yentinus Kogoya merupakan anggota KKB Yahukimo pimpinan Tendinus Gwijangge.

Sepak terjangnya, pernah terlibat beberapa kasus seperti berperan sebagai penyuplai bahan makanan untuk KKB, lalu sebagai koordinator penarikan upeti kepada para penambang.

"Proses penyerahan ditandai dengan berita serah terima. Dan untuk saat ini tersangka sudah di tahan di Lapas II B Wamena. Selanjutnya tersangka menjalani proses hukum sesuai dengan perbuatannya," pungkas Kamal.**