Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran 121 Kios dan 4 Rumah di Kabupaten Asmat Papua

Personil Polri dibantu TNI bahu membahu memadamkan api yang menyapu bersih ratusa toko dan rumah warga di pasar Dolog Agats, Asmat, Minggu (16/10) pagi/dok:Humas Polda Papua

ASMAT, wartaplus.com – Kepolisian Resor Asmat tengah menyelidiki penyebab kebakaran di Pasar Dolog Agats, Kabupaten Asmat, Minggu (16/10) sekitar pukul 05.00 WIT. Kebakaran itu menyebabkan121 kios dan 4 rumah warga hangus terbakar.

Ini disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan persnya, Minggu siang.

“Jumlah kios yang terbakar sebanyak 121 dan 4 rumah, masing-masing di Blok D, Blok G, Blok H, Blok E dan Blok F,” kata Kombes Kamal.

Ia menjelaskan, kejadian kebakaran pertama kali dilaporkan oleh warga setempat ke piket jaga Polsek Agats. Mendapat laporan itu anggota Polsek Agats dipimpin Kapolsek Agats langsung mendatangi TKP untuk membantu memadamkan api.

“Anggota dibantu masyarakat bahu membahu membantu memadamkan api dan juga membantu mengamankan barang-barang berharga milik warga agar dipindahkan di tempat yang lebih aman,” jelas Kamal.

Terkait penyebab kebakaran, Kombes Kamal mengungkapkan pihaknya masih melakukan penyelidikan, dengan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan meminta keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian.

“Untuk penyebab terjadinya kebakaran masih dilakukan penyelidikan, Satuan Reskrim Polres Asmat akan segera melakukan Olah TKP untuk mengungkap penyebab terjadinya kebarakan tersebut,” terangnya.

Kamal menyebut, dalam peristiwa kebakaran ini tidak terdapat korban jiwa maupun luka-luka, sementara untuk kerugian materiil masih dilakukan pendataan oleh personel di lapangan.

“Saat ini personel TNI-Polri masih berada di lokasi kejadian untuk membantu warga memindahkan sisa-sisa barang dan mengamankan lokasi kejadian,” ungkapnya

Kombes Kamal menambahkan, kini Kepolisian telah memasang Garis Polisi guna mengamankan lokasi kejadian untuk segera dilakukan Olah TKP oleh Sat Reskrim Polres Asmat untuk menyelidiki kronologi awal penyebab terjadinya kebakaran tersebut.**